Program ekstrakurikuler yang ditawarkan yaitu:

Kelompok Agama Islam Korp Muballigh Muda Muhammadiyah, Pembelajaran membaca Al-Qur’an, Qiroatul Qur’an dan Tahfidzu al-Qur’an;

  1. Kelompok Saintek Terapan : Kelompok Ilmiah Remaja (KIR);
  2. Kelompok Bahasa dan Seni : Jurnalistik, seni beladiri Pencak Silat Tapak Suci, Paduan Suara dan Musik;
  3. Kelompok Olahraga : Bola Volly, Bulutangkis, Bola Basket, dan Futsal;
  4. Kelompok Kepanduan dan Sosial : Kepanduan Hizbul Wathan.

Disamping pembinaan dan pengembangan bakat dan minat melalui kegiatan ekstralurikuler, para siswa juga diberi pembinaan untuk mengikuti berbagai lomba kejuaraan dan olimpiade bidang akademik dan non akademik, mulai tingkat kabupaten sampai tingkat nasional.

Proses pembelajaran di SMAMITA sidoarjo dikembangkan mengikuti paradigma kosntruksifisme dengan pendeatan aunthentic learning. Peran guru dalam pembelajaran adalah memilih dan mengendalikan proses belajar mengajar yang didekatkan pada konteks dan fakta dilapangan serta memberi dukungan selektif terhadap interpretsi yang dikemukakan siswa atau peserta didik. Proses belajar mengajar juga dapat digunakan guru untuk menanamkan nilai – nilai keluhuran budi pekerti. Demikian juga pembelajaran dilaksanakan dengan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM).

Dari perspektif lain pembelajaran di SMAMITA juga mengakomodasi 4 pilar sistem pendidikan internasional (UNESCO) yaitu (1) Belajar untuk mengetahui (learning to know) (2) belajar untuk mengerjakan  (learning to do) (3) belajar menjadi diri sendiri (learning to be) (4)belajar untuk hidup bersama (learning to love together).

Dalam kaitannya dengan kebijakan impelementasi konsep holistic education, maka proses pendidikan dan pembelajaran yang dilaksanakan di SMAMITA  berusaha untuk memfasilitasi dan mengembangkan keseluruhan kecerdasan dan kompetensi peserta didik, meliputi kecerdasan spiritual (spiritual question), kecerdasan emosional (emotional question) kecerdasan ketangguhan (adversity question) dan kecerdasan intentelktual (intelectual question).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here