Bento, Karya Siswa SMAM1TA

Setiap hari kita pergi ke tempat bekerja, mayoritas berangkat pada pagi hari. Termasuk anak-anak kita yang sedang duduk di bangku sekolah. Ada banyak orang harus berangkat lebih pagi, khawatir mereka datang terlambat di tempat kerja karena macet. Maka, sebagian ibu-ibu tidak sempat membuat bekal makan bagi suami atau anaknya. Banyak sekolah yang sudah menerapkan program “Full Day School”, yang harus pulang lebih sore. Jadi untuk makan siang biasa di fasilitasi oleh sekolah. Ada cara unik agar suami yang bekerja, atau anak kita yang belajar di sekolah tetap bisa makan siang walaupun di kantor tempat atau di sekolah dengan membuat Bento.

Bentō (弁当 atau べんとう?) atau o-bentō adalah istilah bahasa Jepang untuk makanan bekal berupa nasi berikut lauk-pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa-bawa dan dimakan di tempat lain. Seperti halnya nasi bungkus, bentō bisa dimakan sebagai makan siangmakan malam, atau bekal piknik. (sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Bento).

Dari pelajaran itu, SMA Muhammadiyah 1 Taman – Sidoarjo (SMAM1TA) ada hal untuk dalam pelajaran di pagi itu (Selasa, 07/03/2017). Mata pelajaran Bahasa Jepang, yang di bimbing oleh  Ikhuwan Sensei, mengajak anak didiknya kelas Sepuluh untuk membuat dan menghias Bento. Dengan teknik ini, harapannya siswa mau untuk membawa bekal ke sekolah. Minimal untuk bekal makan siang.

Tidak hanya untuk makan siang saja. Dengan teknik Bento, menarik untuk menambah nafsu makan bagi anak-anak kita. “Selain Murah, teknik Bento ini dirasa lebih lebih higienis dari pada beli makanan diluar”, ujar  Ikhuwan Sensei, guru Bahasa Jepang di SMAM1TA. Bagi ibu-ibu, suatu kehormatan jika membuat bekal suami untuk makan siang di tempat kerja.

“Ini juga salah satu bentuk kita mengenalkan budaya Jepang kepada anak-anak”, lanjut  Ikhuwan Sensei yang beberapa bulan lalu membawa mahasiswa dari Jepang ke SMAM1TA. Siswa kelas sepuluh juga merasa senang yang luar biasa, bangga dengan karya yang sudah mereka buat. Tanpa harus mengeluarkan biaya banyak mereka bisa membuat sesuatu yang unik, menarik, dan bisa dinikmati. Berapa banyak uang yang harus kita keluarkan jika mengajak anak-anak beli makanan di restoran siap saji.

Mari kita belajar membuat Bento di SMAM1TA, setidaknya membuatkan bekal untuk anak kita di sekolah dan suami di tempat kerja. emil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here