Belajar Politik IPM SMAM1TA Sambangi KPU

0
99

Komisioner KPU Menjelaskan tata cara pemilihan

Proses Demokrasi tak terelakkan dalam kehidupan kita semua.  Terutama pada saat Pemilihan Umum berlangsung,  tahun depan (2018) ada pesta besar di wilayah kita.  Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur.

Kamis,  (24/8) anggota PR.  IPM SMA Muhammadiyah 1 Taman – Sidoarjo (SMAM1TA) sambangi kantor KPU sidoarjo.  Mereka belajar tata cara menjadi panitia pemilihan. Dikantor KPU sidoarjo mempunyai laboratorium Pendopo Delta,  adalah rumah peraga pemilihan umum hingga sejarah pemilu pertama kali di Indonesia.

Nanang, Komisioner KPU sidoarjo divisi Hukum menjelaskan tentang sejarah dan proses pemungutan suara.  Dengan hangat,  Nanang menyambut kehadiran Anggota IPM ranting SMA muhammadiyah 1 Taman – Sidoarjo.

“Selamat datang di Rumah Pintar Pendopo Delta,  Laboratorium KPU sidoarjo. Selamat belajar bagi calon pemilih pemula” kata Nanang saat menyambut kehadiran rombongan dari SMAM1TA. Miftah,  komisioner kpu lainnya,  juga menjelaskan sekilah tentang pemilihan kepala daerah (Pilkada)  tahun depan.  “Tahun 2018 ada pesta besar, pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah provinsi Jawa Timur.” kata Mifta sebelum menjelaskan tahapan pemilukada JATIM 2018.

Banyak hal yang diperoleh siswa SMAM1TA.  mereka tahu dan paham akan pentingnya berdemokrasi,  karena negara kita adalah negara demokrasi.  Materi Demokrasi ini juga terdapat di Mata Pelajaran PKN kelas XII. Emil