Guru Itu Harus Menjadi Agen Perubahan

0
107
Ir. Sudarusman, saat memotivasi keluarga SMAM1TA

 

Guru adalah ujung tombak untuk menjadikan sekolah maju dan diminati masyarakat. Selain itu, guru  Muhammadiyah harusnya menjadi agen perubahan. Merubah dari yang tidak bisa menjadi bisa, yang tidak tahu menjadi tahu, dan sebagainya.

Ir. Sudarusman, Kepala SMA Muhammadiyah 10 Surabaya (SMAM X) memberikan tips kepada keluarga besar SMA Muhammadiyah 1 Taman – Sidoarjo (SMAM1TA) dalam rangka Sinergy Building di Ubaya Training Center (UTC) Sabtu, (13/1/2017) lalu.

Pertama, Sudarusman menyampaikan, pesan Rasulullah yang masih terngiang dalam ingatannya. “Aku tinggalkan dua perkara untukmu. Jika kamu berpegang teguh kepadanya, maka kamu tidak akan tersesat selamanya yaitu: Al-Qur’an dan Sunnah Rasul.” Kata Sudar. Itulah kata kunci utama, guru itu menjadi agen perubahan.

Kemudian, lanjutnya, bahwa pendidik yang secaraterus menerus belajar untuk memperluas pemahaman kesadaraan dirinya, tentang hakekat dirinya, dunia sekitar dan kesadaran tentang sang pencipta.

Sudar, panggilan akrabnya, juga menekankan, Sebuah nilai baru akan Hidup, jika dalam diri seorang peserta didik  telah mengalami nilai-nilai yang diajarkan tersebut secara berulang-ulang, dalam konteks kehidupan yang nyata. Seperti, mengajarkan kepada siswa bangga akan agamanya, atau, Bangga bisa memaafkan orang lain.

“Di Sekolah, kita ini adalah sebuah keluarga, yang harus didukung oleh dua komponen berbeda. Dukungan pertama dari Internal, terdiri dari support waka, staff, manajemen, guru, dsb. Kedua, keluarga External, yaitu orang-tua, siswa, calon siswa, sekolah patner, media massa.” Imbuhnya.

Terakhir, Sudarusman memberi pesan penting kepada keluarga SMAM 1 Taman – Sidoarjo. “Untuk menjadi sekolah hebat, Jangan sibuk mencari kambing hitam. Kontrol sikap anda. Jangan pesimistik, optimislah!. Jangan biarkan kekuatan menjadi kelemahan, terus kembangkan diri anda. Cobalah bertoleransi atas kesalahan orang lain. dan, dukunglah kelompok kerja anda” Pungkasnya.

Dalam Sambutan, Kepala SMAM1TA, mengucapkan terima kasih kepada Sudarsuman yang telah memberikan tips hebatnya. “Saya, dan keluagra besar SMAM1TA, mengucapkan terima kasih. Sudah memberikan pemikiran-pemikiran hebat pak Sudar kepada kami. Inysa Allah, pertemuan ini bukan pertemuan yang terakhir kalinya. Kita akan bertemu di kemudian untuk menebarkan kebaikan-kebaikan lainnya”. Kata Zainal Arif, Kepala Sekolah. Emil Mukhtar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here