Foto: Wahab (kiri) belajar bahasa inggris dengan Fanani (kanan)

 

Berbahasa inggris bukan hal yang tabuh lagi diera milenial sekarang ini. Hal itu bisa dibuktikan dengan hadirnya beberapa warga Negara asing yang pernah singgah di SMA Muhammadiyah 1 Taman (SMAM1TA). Dan, nanti, bulan Februari 2018, SMAM1TA juga kedatangan tamu dari Jerman selama 6 minggu.

Di SMAM1TA, belajar berbahasa inggris bukan dikhususkan untuk siswa saja. Namun, juga semua dan karyawan SMAM1TA. Seperti yang telah diajarkan oleh Niko Ferdiyan, MA., Lecturer Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) di Labolatorium Komputer SMAM1TA, Kamis (18/1/2017) siang.

Ini bagian dari pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh UMSIDA. Kegiatan ini juga, akan menjadi salah satu bentuk kegiatan dari MOU (Memorandum of Understanding) antara UMSIDA dengan SMAM1TA nantinya.

Niko – panggilan akrabnya – mengajak belajar conversation sederhana, yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. “Bapak ibu, jangan takut dan jangan malu jika belajar Bahasa Inggris. Ini kunci keberhasilan belajar Bahasa Inggris kita”. Terang Niko dihadapan guru karyawan SMAM1TA.

Seperti halnya Wahab, security SMAM1TA yang berpasangan dengan Fanani, staff Tata Usaha SMAM1TA berani tampil belajar berbahasa Inggrsi. Berikut cuplikan yang sudah mereka buat.

Mr. Fanani          : Hello!,

Mr. Wahab         : Hello!,

Mr. Fanani          : How Are You,

Mr. Wahab         : I Am Fine Thank You,

Mr. Fanani          : What Your Name

Mr. Wahab         : My Name is Abdul Wahab

Mr. Fanani          : What is Job!

Mr. Wahab        : My job is, security on Senior High School of Muhammadiyah One Taman.

Mr. Fanani          : Oh, Thank you Mr.Wahab. Nice to meet you

Mr. Wahab         : Ok, Nice to meet you too.

Ya, selain bahasa Indonesia, bahasa jawa perlu dilestarikan, tak lupa berbahasa asing sebagai modal menuju MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Emil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here