Foto: Siswa SMAM1TA gaya dulu sebelum beraksi

 

Menjelang akhir pekan, Jumat (19/1/2018), siswa-siswi SMA Muhammadiyah 1 Taman  – Sidoarjo (SMAM1TA) mempunyai agenda yang sebenarnya sudah dilakukan setiap hari, yaitu Jumat Bersih. Bedanya, Jumat ini siswa dan guru tidak memakai seragam formal, tetapi berbusana muslim. Dan berkomunikasi dengan bahasa Jawa.

Sejak pukul 06.00 pagi, dari pintu gerbang sekolah terlihat siswa-siswi sudah mulai masuk silih berganti dengan pakaian rapi, sopan dan beraneka warna hingga mata pun sejuk memandang. Meskipun ada kegiatan Jumat Bersih, tak menyurutkan semangat siswa-siswi untuk belajar. Pelajaran dijam pertama hingga akhir pun tetap dilaksanakan seperti biasa.

Bagaimana bisa? pertanyaan itu banyak bermunculan di benak para siswa. Disaat pelajaran berlangsung, guru mengajarkan mengenal lingkungan sekolah dengan cara merawat tanaman, membersihkan kelas dan taman sekolah. Materi yang diajarkan disesuaikan yang berhubungan dengan peduli terhadap lingkungan sekitar baik di dalam maupun di luar kelas sehingga dapat berinteraksi secara langsung dengan lingkungan sekolah.

Dari kegiatan tersebut, diharapkan secara tidak langsung dapat menumbuhkan jiwa yang peduli terhadap lingkungan, mandiri dan bertanggung jawab. Sesuai dengan kurikulum yang diterapkan di SMAM1TA, diantaranya membentuk pendidikan yang berkarakter. Ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here