Foto: tim Mancing SMAM1TA

 

Sabtu dan Ahad, sekarang menjadi hari libur, seiring diterapkannya sekolah 5 hari. Untuk mengisi kekosongan waktu dan merefresh suasana hati dan fikiran, terkadang tidak ada salahnya pergi memancing bersama.

Walaupun belum berjalan rutin, tetapi pelan-pelan menjadi suatu agenda. Beberapa tempat pemancingan didatangi, dan beberapa teman mulai bergabung.

Memancing memang kelihatan mudah dan menyenangkan. Cukup dengan membawa alat pancing, memasang umpan, dilempar ke kolam, tunggu sampai umpan dimakan ikan, tarik dan dapatlah ikan.

Tapi bagaimana kalau tidak ada ikan yang makan umpan kita?. Sebagai pemancing pemula, sudah seharusnya berguru pada senior atau pemancing sejati.

Beberapa teman saya tanya, sebagian besar memberi teori cara memancing yang benar dan bisa mendapat ikan yang banyak. Sampailah pada teman yang tidak memberi saran bagaimana cara memancing untuk mendapatkan ikan, bahkan dia balik bertanya, “Sampeyan senang atau nikmat mana, memancing dapat ikan atau tidak dapat?”. atanyanya.
Sebagai pemula, saya jawab, “Ya dapat Pak.” dengan senyum.

Dengan sedikit tersenyum dia mulai cerita, bahwa memancing dapat ikan atau tidak dapat itu sama nikmatnya, sama senangnya.

Alasannya, kita sudah bisa menikmati indahnya alam, panasnya terik, tiupan angin dan hamparan air. Memang mendapat ikan lebih senang, tapi apakah kita tahu bahwa di dalam air itu ada ikan yang tepat dengan umpan yang kita lempar.

Terkadang kita lempar jauh tidak dapat, tapi dipnggir dekat kita malah dapat. Jadi, melempar umpan jauh dekat, umpan baik buruk, alat pancing mahal murah, itu hanya usaha dan ikhtiar kita.

Masalah umpan dimakan atau tidak, itu bukan urusan kita. Bahkan jelas-jelas ikan sudah terkail, ketika mau diambil atau diangkat, juga bisa terlepas.

Begitu dia mengakhiri ucapannya memberi advice cara memancing yang benar dan menyenangkan. Sekarang saya jadi paham tentang memancing.

Saran saya, tetaplah memancing, karena tanpa memancing bagaimana bisa dapat ikan? Mancingmaniaaaa……👍👍. Ikhuwan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here