Mau Senyum Tandanya Kamu Bersyukur

0
259
Foto: Nashiiruddin (guru juga penulis aktif di smam1ta)

 

Manusia seharusnya bersyukur kepada Allah Ta’ala. Yang selalu memberikan kita kenikmatan hidup di dunia maupun di akhirat kelak.

Tak heran, apabila orang tua melihat anaknya masuk ke perguruan tinggi, atau naik jabatan selalu sujud syukur. Biasanya juga mengadakan syukuran. Itu merupakan wujud terimakasih kepada Allah Ta’ala dengan banyak cara yang ada di muka bumi ini.

Udara, atau oksigen yang setiap detik kita hirup, kesehatan yang kita nikmat,i itu semuannya atas izin-Nya. Bayangkan, apabila oksigen di dunia ini di tarik oleh Allah Ta’ala, apa yang terjadi…???. Pasti, semua makhluk hidup akan mati.

Wujud terima kasih kita yaitu menjalankan perintahNya dan menjauhi semua larangan-laranganNya.

Allah SWT berfirman:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim 14: Ayat 7).

Selain itu, wujud syukur kita kepada sesama manusia adalah mengucapan terimakasih. Meskipun, kita membeli apapun dengan uang kita sendiri. Pembeli adalah raja, tetapi perlu kita ingat, Jangan pernah lupa untuk kita ucap terimakasih. Itu bagian bentuk syukur kita dengan sesama karena diberikan kenikmatan oleh-Nya.

Contoh, disaat membeli bensin untuk motor atau mobil di spbu. Setelah mendapatkan bahan bakar yang diinginkan, langsung menutup tengki BBM begitu saja, dan hanya diam saja.

Pastinya penjual juga hanya diam saja. Berbeda dengan kita membeli bensin dan setelah itu kita ucapkan terimakasih Mas. Pasti penjual akan menjawab terimakasih kembali sambil tersenyum.

Yang membeli merasa lega, apalagi yang penjual pasti lega. Dan perhatikan wajah penjual tersebut, insya Allah akan selalu tetap tersenyum. Berapa orang yang kita buat tersenyum hari ini ?.

Marilah, kita belajar untuk senyum dan berterima kasih. Bukankan itu semua Gratis, yang tak perlu kita keluarkan biaya besar. Namun, kita tetap dapat pahala. Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here