Foto: Pegunungan Onsen Jepang dan Air Panasnya

 

Pada beberapa orang, istilah ini tidak asing, terutama yang pernah ke Jepang, tapi pada orang lain mungkin sama sekali belum mendengar.

Onsen adalah sebutan pemandian air panas di Jepang. Pemandian ini ada yang alami dan ada juga yang buatan. Karena negara Jepang dilewati gugusan gunung berapi aktif maka banyak adanya onsen.

Di Indonesia juga ada, bahkan dengan nama onsen juga. Mandi atau berendam di Onsen adalah salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat Jepang, terutama saat musim Fuyu atau musim dingin.

Cara mandi dengan menceburkan seluruh tubuh pada kolam air panas atau air hangat, yang sebelumnya didahului dengan membersihkan seluruh tubuh ini, hanya dilengkapi 1 handuk kecil yang biasanya diletakkan di kepala dan handuk tanggung sebagai penutup tubuh ini sangat populer.

Mereka secara berkelompok berendam bersama dalam satu tempat, tentunya laki-laki sendiri, perempuan sendiri. Secara sekilas memang biasa, tetapi ternyata dalam kebersamaan di onsen mereka dapat berkomunikasi dalam keadaan yang nyaman, walaupun mereka bisa melihat keadaan temannya saat berendam, mereka tidak sibuk mencari cela temannya, karena fokus menikmati hangatnya air merendam tubuhnya, apalagi setelah keluar dari onsen, sama sekali mereka tidak menceritakan kekurangan atau cela orang lain atau temannya yang dilihat saat mandi bersama.

Onsen bukan tempat mencari cela untuk diceritakan pada orang lain. Bercermin dengan diri kita yang suka mencari cela walaupun dalam kondisi yang tertutup, dan sebagai bahan untuk cerita bahkan bahan tertawaan pada orang lain. Bersama bukan untuk mencari kekurangan atau cela. Alam juga ayat Allah ta’ala untuk menuntun pada kebajikan. Ikhuwan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here