Foto: Siswa sengan menikmati bacaan buku baru

Senin (29/01/2018) adalah triwulan kedua untuk penambahan koleksi buku perpustakaan. Semoga dengan sering bertambahnya buku, menjadikan bertambah pula jumlah minat baca. Iqra’, bukan hanya sebagai hiasan dan tulisan dalam budaya islam tapi benar benar teraplikasi dalam budaya umat Islam.

Salah satu program kerja dari perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Taman – Sidoarjo (SMAM1TA) adalah penambahan koleksi buku yang ada, dalam program kerja yang baru adalah tiap tiga wulan sekali perpustakaan memberikan koleksi terbaru. Penambahan koleksi perpus ini sebagian besar dari keinginan siswa SMAM1TA.

Pemberian list judul buku dan pengarang yang disebar ke seluruh kelas. Dari harapan dan keinginan yang luar biasa, ini menunjukkan kekuatan tersendiri bagi perpustakaan, apalagi rasa senang saat buku dibeli oleh pustakawati (Miftah) adalah buku yang menjadi harap siswa.

Ketika buku tiba, siswa sudah banyak iang indent untuk pinjam buku di perpustakaan. Beberapa judul yang senangi adalah Dilan , pengarang Pidi Baiq. Buku jenis sastra (novel) ini terdiri dari beberapa bagian. Padahal judul buku ini juga sudah difilmkan, tetapi kurang pas ketika belum membaca cerita seutuhnya.

Selain itu, yang laris dipinjam anggota perpustakaan adalah TPA (tes potensi akademik), SBMPTN, Dan Sukses UN buku-buku jenis ini begitu diminati siswa kelas duabelas. Ada juga buku Standar kompetensi menuju humas profesional, pengarang Dr Felix Jerabus.

Perugas perpustakaan sedikit kewalahan melayani anggota perpustakaan yang antusian. Untuk bulan ini (Januari 2018) 40% dari keinginan guru juga dibelikan, selebihnya adalah keinginan siswa.

Peminjaman buku perpustakaan sekolah diberi masa tenggang satu minggu. Bila belum selesai bisa diperpanjang waktu peminjaman. Ini yang terkadang anak- anak harus rela mengindent nama karena buku masih di pinjam oleh teman atau kakak kelasnya. Utami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here