Foto: Suasana kelas saat menyahyikan lagu kebangsaan melalui layar CCTV sekolah

 

Rutinitas yang dilakukan warga SMA Muhammadiyah 1 Taman – Sidoarjo (SMAM1TA) salah satunya adalah membaca Qur’an setiap hari disamping itu nuansa kebangsaan juga tak lepas dari rutinitas keseharian. Ini wujud kepedulian sekolah untuk membudayakan seluruh waga sekolah, termasuk siswa, cinta dan mau membaca Al-Qur’an.

Kemudian, saat menyanyikan lagu kebangsaan (Indonesia Raya), seluruh civitas akademik di SMAM1TA. Bukan sekedar nayanyi, tapi ada filosofintersendiri ketika semangat menggelora saat menyanyikan lagu kebangsaan yang kita banggakan.

Seperti, jiwa nasionalisme dengan cara bersikap diam, mendengarkan, dan turut menyanyikannya. Bagaimana tidak, ini bentuk menghargai, dan turut merasakan bagaimana dahulunya para pejuang dengan susah payah memperoleh kemerdekaan.

Kedua, lagu Sang Surya, ciri khas sekolah Muhammadiyah. Dalam liriknya, kita semua rela bahwa Allah itu tuhannkita, Nabi Muhammad itu nabi kita, Islam itu agama kita, dan tentunya, Muhammadiyah adalah gerakan organisasi kita. Dan bisa kita lihat, bagaimana perjuangan K.H Ahmad Dahlan untuk membuat sekolaj, hingga dikira sebagai orang kafir.

Seluruh warga Smamita diharapkan menghentikan segala aktivitas sejenak untuk turut berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah. Melalui pengeras suara lokal SMAM1TA.

Ini sekolah kami yang bernuansa agamis, dan berjiwa patriotis, menjunjung nilai-nilai agama dengan tetap membaca Al-Qur’an. Satu surat per hari dimulai, dari surat-surat yang ada di juz 30. Dan mempunyai karakter budaya yaitu Indonesia.

Berikut adalah sikap beberapa guru (pengajar) yang berada di dalam kelas ketika lagu kebangsaan dinyanyikan. Sebagai wujud jiwa kebangsaan yang luar bisa. Utami

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here