Lika-Liku Pengusaha Muda Sulaiman

0
119
Foto: Sulaiman dengan gagahnya mengenakan seragam HW dan menunjukkan barang dagangannya

 

Banyak pelajaran yang bisa diambil di SMA Muhammadiyah 1 Taman – Sidoaejo (SMAM1TA). Bukan materi di kelas, tapi siswanya juga menjadi pelajaran tersendiri yang bisa dijadikan renungan.

Sulaiman, siswa kelas sebelas ipa tiga, rela membawa jajajan untuk dijual di sekolah. Berbagi macam jenis kue buatan ibunya, habis terjual tiap harinya.

Sosok sederhana dari yang tidak malu untuk menjajahkan barang dagangannya ini, patut kita apresiasi dan diberi acungan dua jempol. Kenapa, tidak sedikit, anak zaman now malu berjualan guna membantu perekonomian keluarga.

Bagi sekolah, terutama kepala SMAM1TA, Drs. Zainal Arif, membuka peluang bagi siapa saja yang berwirausaha demi kebaikan untuk keluarga, maka silahkan saja. Yang penting bermanfaat dan patut kita contoh kebaikannya.

Dengan wajah yang selalu gembira, Sulaiman membawa jajanannya ke sekolah, dan menjajakannya ketika istirahat tiba. Bila kue jajanan belum habis terjual, ia menghampiri guru karyawan untuk bersilaturahim, kemudian menawarkan jajanannya itu.

Baca juga: Jumat Yang Berkah

Pertama, dia menanyakan kabar kepada siapa saja yang ia hampiri, dan tak lupa salim juga senyuman tulus dia berikan.

Kedua disampaikaannya bahwa, “Apabila bapak ibu guru atau karyawan berkenan, saya membawa dagangan kue buat nyemil”. Kata Sulaiman sembari menunjukkan kue-kue itu.

Sekilas, bapak ibu guru atau karyawan mengerti, kemudian mengambil beberapa jajanan itu untuk dibeli. Senyuman Sulaiman-pun dilontarkan sesaat uang jajan diterimanya,. “Alhamdulillah….., terima kasih Pak, Bu”, dan tak lupa senyumannya.

Tidaklah mudah bagi Sulaiman menjajakan kue dagangannya. Lika-liku setiap harinya ada saja. Pernah juga, barang dagangan itu masih banyak yang belum terjual. Kemudian ditawarkan ke temannya dengan harga murah. Kemudian ia pulang, dengan membawa uang meskipun itu kembali modal awal. Subhanallah. Umi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here