Ada Soal Essay dalam Simulasi UNBK II

0
926
Foto: Suasana similasi UNBK II smam1ta hari pertama Lab 1

 

Simulasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Online diartikan sebagai metode pelatihan yang meragakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan yang sebenarnya. (Sumber KBBI online diakses 7 Februari 2018). Bentuk dari simulasi itu contohnya simulasi gempa yang dilakukan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengantisipasi masyarakat tanggap bencana apabila nantinya benar benar terjadi bencana gempa. Simulasi perang yang dilakukan oleh pasukan tempur Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk melatih kesiapan Tentara dalam menghadapi ancaman perang. Kegiatan simulasi memang bentuk kesiapan ketika menghadapi situasi atau peristiwa yang sesungguhnya.

Demikian juga dengan Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang digelar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Simulasi UNBK bertujuan mengetahui kapasitas kesiapan sekolah dalam menghadapi UNBK.

Seperti simulasi UNBK yang dilaksanakan SMAMITA. Hari pertama, Rabu (7/2/2018), penyelenggaraan simulasi UNBK gelombang 2 di SMAMITA berjalan lancar. Simulasi yang dilakukan 2 hari, Rabu – Kamis, 7 dan 8 Februari 2018 ini memberi kesempatan kepada siswa untuk mengetahui kesigapannya menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Foto: Suasana simulasi UNBK II smam1ta lab 2

 

Dalam simulasi kali ini SMAMITA Menggunakan dua laboratorium dengan kapasitas 75 komputer, pelaksanaan simulasi terbagi dalam 3 sesi. Sesi 1 dimulai pukul 07.30-09.30, sesi 2 dimulai pukul 10.30-12.30 dan sesi 3 pukul 14.00 – 16.00 WIB.

Ada hal yang menarik dari simulasi hari pertama ini. Jika pada simulasi pertama yang dilaksanakan 27 November – 8 Desember 2017 seluruh soal adalah pilihan Ganda, maka pada simulasi kali ini ada 5 soal yang essay.

Soal essay itu adalah soal matematika. Dan untuk menjawab soal essay itu jawaban terbatas pada 5 karakter saja. Namun bagi siswa itu bukan merupakan kendala, karena siswa sudah siap menghadapi UNBK baik dalam bentuk essay maupun pilihan ganda. Selain itu ada juga hal unik seperti server yang tiba-tiba offline karena dari server pusat kemdikbud memang dimatikan. Namun itu semua tidak menjadi kendala dengan kesiapan SMAMITA menghadapi simulasi ini dan menghadapi UNBK 9 -12 April 2018 mendatang.

Baca Juga: Tulis Satu Ayat Tiap Hari Agar Cepat Hafal

Dari simulasi ini nantinya, apabila ada siswa yang pada saat simulasi hasilnya belum memuaskan harus belajar lebih giat lagi agar mendapat nilai UN yang baik. Sementara bagi yang hasil simulasinya sudah baik harus harus belajar lebih giat dan lebih “PD (Percaya Diri)” untuk menghadapi UN yang sesungguhnya. Wahyu