Foto: Siswa kelas XI IPS 2 ketika praktik memandikan Jenazah

 

Milenia Pratama, siswi kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 1 Taman – Sidoarjo (SMAM1TA) menangis karena tidak mau menjadi peraga jenazah saat materi perawatan jenazah, Rabu (7/2/2018).

Lain halnya dengan Diah Sekar Wati, begitu antusiasnya ketika mempraktikkan materi perawatan Jenazah ini. Ia penasaran dan ingin tahu luar biasanya proses memandikan jenazah.

Banyak siswa yang bertanya-tanya ketika memandikan noneka manusia sebagai bahan praktik memandikan jenazah. “Bu ndak pakai kapas, bu rambutnya disisir, bu bagaimana kalau rambutnya panjang”. Ya, pertanyaan itu yang membuat suasana semakin seru praktik kali ini.

Mereka menyambut gembira, dan antusias saat peragaan memandikan jenazah ini. Ada pula yang takut begitu melihat peraga (boneka) diangkat pakai penutup kain jarik. “Bu takut…….”. Teriak salah satu siswa lantaran ingat atas keluarganya yang tiada.

Selain itu, Artanti, yang kelihatan agak takut tapi juga penasaran. Rasa penasaran itu di apresiasi dengan memvideo teman-temannya saat merawat / memandikan sampai proses mengeringkan peraga menggunakan handuk.

Memandikan, mengkafani dan mensholatkan (3M) jenazah itu penting. Melalui mata pelajaran Al-Islam mereka mempraktikkan 3M itu.

Baca juga: Ingin Memiliki Pasangan Hidup Yang Tampan?

Merawat jenazah kaum muslimin hukumnya wajib kifayah, artinya kaum muslim secara bersama-sama bertugas merawat jenazah sesama muslim. Mulai memandikan, mengkafani, mengshalatkan sampai pada menguburkan jenazah.

Jenazah laki-laki dimandikan oleh kaum laki-laki, dan jenazah wanita dimandikan oleh kaum wanita. Sebaiknya yang memandikan jenazah adalah keluarga dekat si mayit.

Dari situlah maka di SMAM1TA memberikan bekal keilmuan tentang 3M dengan praktek tata cara memandikan, mengkafani dan menshalatkan jenazah sesuai HPT (Himpunan Putusan Tarjih) Muhammadiyah.

Siswa melakukan praktek bersama tim yang sudah ditunjuk, laki-laki bersama laki-laki, demikian pula sebaliknya. Kenapa harus dipisah, semua itu karena aturan merawat jenazah laki dan perempuan berbeda.

Dalam memandikan jenazah beberapa alat yang dipersiapkan adalah 3 buah ember/timba yang sudah diisi dengan air.
1. Air bersih
2. Air bersih yang di campur dengan sabun/daun bidara.
3. Air bersih yang di campur dengan kapur barus yang telah dihaluskan/ditumbuk
4. Handuk bersih, minyak wangi dan sisir.

Semoga bermafaat. Utami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here