Kultum Siswa: Ingin Memiliki Pasangan Hidup yang tampan?

0
150
Foto: Eka (kiri) dapat apresiasi dari sekolah

 

Kultum, atau biasa dikenal dengan sebutan ceramah singkat. Aktifitas itu rutin dilakukan oleh siswa SMA Muhammadiyah 1 Taman-Sidoarjo (SMAM1TA). Tiap hari ada kultum seusai shalat Dzuhur berjama’ah.

Semua kelas diberikan kesempatan untuk menyampaikan kultum secara bergantian dari kelas Sepuluh sampai kelas Duabelas, mendelegasikan perwakilannya. Tentu saja, mereka berkompetisi dalam menyampaikan ide, isi, hingga judul yang disampaikan sangat bervariatif, ini menunjukkan mereka memiliki kemampuan dan bakat.

Kamis (7/2/2018) kelas XII IPA 2 mendapat giliran. Eka Amalia Isriyadi, penampilannya yang lembut dan berkharisma, nampak dibelakang podium saat membawakan kultum yang bertajuk KHALWAH.

Dengan tegas, Eka menyampaikan satu dua kata yang menjadikan seluruh jama’ah sholat dhuhur terkesima. Satu, dua pertanyaan meluncur dari bibir Eka. “Apakah kalian pengen memiliki seorang pasangan hidup yang tampan……?” Tanya Eka kepada jamah SMAM1TA.

Lanjutnya, “Yang baik…….?, Yang menyayangi kalian di dunia sampai akhirat…..???”. Tandasnya, calon Ustadzah profesional ini.
Sontak, seluruh jamaah sholat dhuhur dari kaum hawa itupun menjawab dengan riuh dan tegas, “Iya………!!!!!!!”.

“Hadirin yang dirahmati Allah. Teman-teman yang saya sayangi, adik kelas serta kakak kelas yang saya sayangi tentu bukanlah Pacaran jalannya. Karena tidak ada pacaran yang mengarah kepada kebaikan.” Tuturnya.

Baca Juga: Kultum Siswa: Tenang Saja Ada Allah

Kemudian Eka melanjutkan isi kultimnya. “Karena tidak ada konsep pacaran dalam ajaran agama kita. Pacaran sebenarya budaya bukan islami. Oke-lah kita mau bilang tidak akan melakukan hal yang disebut zina.” Terangnya, yang juga dihadapan para guru-guru SMAM1TA.

“Tapi, bagaimana kita bilang tidak. Lha orang zina-nya mata dengan melihat zinanya hati dengan membayangkan. Apakah ini bukan zina.?. Ucap Eka dengan nada tinggi nan tegas, melambangkan perbuatan itu dilarangNya.

Eka juga membacakannpotongan ayat dalam Al-Quran. “Walataqrobus zina. Ayat Al-Qur’an amatlah jelas. Orang mendekati saja sudah tidak boleh!!!”. Pesannya.

Selain itu, Eka juga mengajak kepada teman-temannya berikrar, jika ingin bertemu pasangan tampan dan halal bukan melalui pacaran. “Teman-teman yang saya sayangi, marilah kita berikrar. Kalu ingin nanti ketemu orang yang baik, yang tampan, yang sayang dengan kita dengan sepenuh hati, maka jalannya bukan lewat pacaran.” Tandasnya kepada seluruh Jamaah. Dibarengi tepuk tangan yang meriah pada Eka.

Bahkan, kakak kelas Eka, Nadya Bilfeq terkesima, berharap bisa sering diikutkan lomba. Eka menyampaikan dengan intonasi yang bagus, tanpa teks, dan mengajak berinteraksi dengan seluruh jamaah lewat pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan saat berkultum.

Al-hasil siang itu, sekolah memberikan reward atas kepiawaiannya dalam menyampaikan ayat – ayat dibelakang mimbar. Saya yakin tentulah Eka juga tidak pernah mengira akan mendapatkan hadiah.

Kita semua berharap Eka akan terus belajar dan belajar, serta warga SMAM1TA senantiasa menunggu Eka Eka Lainnya. Selamat Eka, semoga kamu bisa jadi mubaligh yang senantiasa di tunggu umat. Amin….. Utami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here