Foto: Kukuh (kanan), menerima hadiah yang disampaikan pak Agus S. B.

 

Bentuk bangga terhadap siswa yang mampu bertausiah kepada rekan dan gurunya adalah Reward. Hadiah ini adalah bagian dari hidayah yang dimiliki siswa bisa bertausiah atau kultum.

SMA Muhammadiyah 1 Taman – Sidoarjo (SMAM1TA), memberikan reward Karena menyampaikan kultumnya dengan baik. Kamis, (07/02/2018), Eka Amalia Isriyadi yang biasa di panggil Eka telah mendapat reward dari sekolah. Ummu Syarifah guru Bahasa Arab yang telah memberikan hadiah tersebut kepadanya. Dan untuk putra yaitu, M. Kukuh dari kelas XI IPS 2, Agus Setyo Budi yang memberikan hadiah sebagai simbolid dari sekolah.

Dengan reward tersebut dapat memotivasi siswa yang lain untuk menyampaikan kultum lebih baik lagi, serta mendapatkan pahala dan keridhohan Allah SWT.

Kultum itu menjadikan rutinitas siswa SMAM1TA setelah sholat Dzuhur berjamaah di masjid Manarul Ilmi.

Baca: 3 Faktor Penentu Akhlak Yang Baik

Setiap hari, warga SMAM1TA mendengarkan kultum dari perwakilan-perwakilan kelasnya dengan tema yang bervariasi. Kultum merupakan akronim dari kuliah tujuh menit, meskipun kenyataannya bisa lebih dari tujuh menit, bahkan bisa kurang, itu semua bergantung situasi dan kondisi.

Dengan adanya program sekolah ini,  maka semua siswa semangat untuk belajar bagaimana menyampaikan kultum dengan baik di hadapan teman-temannya, dengan membawa catatan kecil, ataupun menghafalkannya. Tidak jadi masalah bagi mereka,  yang terpenting tujuan mereka adalah, dapat menyampaikan wawasan ilmu keIslaman bisa bermanfaat, dan barokah kepada teman-temannya.

Ada salah satu yang menarik di dalam kultum siswa kelas XI IPA 2, Eka Amalia Isriyadi yang bertema “Ingin mendapat pasangan hidup yang tampan atau cantik?“,  semua siswa antusias mendengarkannya dengan serius,  tanpa ada satupun yang ramai,  bahkan bicara sendiri.

“Apa kalian ingin memiliki seorang pasangan hidup yang tampan?” Ujar Eka,  teriakan histeris yang terucap dari mulut teman-temannya, serta suara gemuruh yang terus menerus memadati masjid Manarul Ilmi. Aminatus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here