Foto: Siswa SMAM1TA membatik

 

Batik adalah budaya asli Indonesia yang saat ini menjadi busana khas dari negara Indonesia. Batik tidak hanya berupa kain tradisional dengan beragam corak dan mengandung nilai-nilai tradisi dari bangsa Indonesia.

Sudah banyak anak muda yang mengenal tentang batik yang menjadi ciri khas dari Indonesia, tetapi masih banyak  anak muda yang tidak mengenal proses pembuatan batik. Membatik sendiri memiliki arti  membuat corak atau gambar (terutama dengan tangan) dengan mencetakkan malam pada kain, kemudian pengolahannya di proses dengan cara tertentu untuk pembuatan batik.

Di SMA Muhammadiyah 1 Taman SMAM1TA siswa-siswinya diajari proses membatik oleh Pak Said Amin (guru prakarya). Mulai dari proses membuat pola,  membatik kerangka, ngisen-iseni, nerusi, nembok, bliriki. Setelah itu semua sudah selesai di lanjutkan lagi dengan proses mewarnai dan perendaman dengan cairan naptol, pemberian warna, proses penguncian (fiksasi), nglorod. Tak hanya sampai disitu, siswa juga bisa melanjutkan untuk dijadikan bahan yang bisa digunakan. Dijadikan tas sekolah, tas hp dan baju pesta laki-laki atau perempuan. Setelah itu dipamerkan dan dijual bila ada yang menawar.

Bersekolah di SMAM1TA, itu untung bagi saya peribadi dan teman-teman. Tak hanya diperkenalkan dengan batik tetapi juga diperkenalkan dengan proses pembutan batik. Proses pembuatan batik tak semudah yang saya kira, teryata proses membatik membutuhkan kesabaran dan kreatitas yang tinggi. Beruntung saya disini dibebaskan untuk berkarya dan berekspresi dalam menuangkan seni. Kami diberi wadah untuk selalu berkreasi untuk mengembangkan kreatifitas kami, yaitu dengan membatik.

Semoga dengan adanya pembelajaran membatik ini saya dan teman-teman bisa mengembangkan kreatifitas saya di bidang seni untuk negara Indonesia. Elma XII IPA 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here