Soal USBN SMA Tahun Ini Berbasis Web

0
342
Foto: Eka Ananda (kiri), Kasi Kurikulum SMA Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur saat memaparkan aplikasi USBN

 

Surabaya-22/02/2018, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), yang diikuti oleh Operator SMA Negeri dan Swasta Se-Jawa Timur.

Acara tersebut dilaksanakan secara bersamaan di 3 lokasi berbeda selamat 4 hari mulai 22–25 Pebruari 2018.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional jenjang SMA/MA/SMK sederajat tahun ajaran 2017/2018 akan mengujikan semua mata pelajaran.

Berdasarkan hal tersebut, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur melalui Kasi Kurikulum SMA Eka Ananda Arief Budiman, membuat Aplikasi USBN berbasis web untuk memfasilitasi sekolah dalam menghadapi USBN.

Kita (Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur) menfasilitasi hal tersebut melalui aplikasi USBN berbasis web”. Kata Eka Ananda Kasi Kurikulum SMA didepan ratusan peserta sosialisasi.

Lanjut Eka -Sapaan Eka Ananda- pembuatan soal USBN jenjang SMA 10% oleh pusat dan 90% oleh mgmp provinsi. Terdapat model soal pilihan ganda serta essay untuk mata pelajaran matematika.

Aplikasi tersebut sudah diuji coba di MKKS SMA Negeri dan swasta kota surabaya dan MKKS SMA Negeri dan Swasta Kabupaten Sidoarjo, mengingat tujuan awal pembuatan aplikasi tersebut untuk mencegah bocornya soal.

Eka Ananda juga menjelaskan bahwa, perjalanan panjang pembuatan aplikasi dimulai bulan Juli 2017 sampai dengan Januari 2018 dirasa sudah cukup untuk merilis aplikasi tersebut, sebagai sarana USBN jenjang SMA se-Jawa Timur. Alman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here