Foto: Sosialisasi SNMPTN siswa SMAM1TA

 

Kamis, 22 Februari 2018 bertempat di aula smamita, sebanyak 93 siswa kelas XII memdapat pengarahan dari sekolah terkait pendaftaran SNMPTN. SNMPTN adalah sebuah jalur undangan untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang diperuntukkan untuk sekolah yang mendapat undangan dari panitia SNMPTN. Jadwal pendaftaran SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) memang telah dibuka sejak Rabu (21/2/2018). 93 siswa ini adalah mereka yang data akademiknya telah tercatat dan terverifikasi oleh sistem PDSS (Pangkalan Data dan Siswa) sehingga berhak mendaftar SNMPTN.

Jadwal pendaftaran SNMPTN berlangsung pada 21 Februari 2018 – 6 Maret 2018. Sedangkan pengumuman hasil seleksi SNMPTN dijadwalkan pada 17 April 2018. Seleksi jalur ini akan mempertimbangkan data prestasi dan portofolio akademik siswa yang sudah terekam di sistem PDSS.

“Siswa yang mendaftar SNMPTN agar memilih jurusan yang berbeda dengan teman dalam satu sekolah agar peluang masuk Perguruan Tinggi Negeri terbuka lebar”. Ujar Wahyu Cahyono, Waka Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 Taman saat memberikan pengarahan terhadap 93 siswa peserta SNMPTN. Siswa dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 PTN. Apabila memilih 2 PTN, salah satu PTN harus berada di provinsi Jawa Timur karena SMAMITA terletak di Jawa Timur. Namun apabila siswa memilih satu PTN, lokasi kampus bisa berada di provinsi mana pun. Siswa juga dapat memilih paling banyak 3 program studi, dengan ketentuan 1 PTN maksimal 2 program studi.

Tabania Siregar, siswa Kelas XII IPS 2 pun tampak bersemangat memilih PTN yang terdaftar dalam akun SNMPTN. Dengan berbagai pertimbangan, dia akhirnya menjatuhkan pilihan Universitas Brawijaya Malang sebagai PTN pilihan pertama, dan Universitas Diponegoro Semarang sebagai PTN pilihan kedua. Dengan pertimbangan apabila tidak diterima di PTN Unversitas Brawijaya , masih ada PTN pilihan kedua yakni Universitas Diponegoro

Memang, siswa diharuskan jeli dalam memilih deretan jurusan dan universitas yang dituju. Siswa akan diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi. Siswa yang memilih program studi di 2 PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, akan diseleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan prodi dan ketersediaan daya tampung.

Pun juga, penerimaan calon mahasiswa melalui SNMPTN ini juga mempertimbangkan akreditasi dan rekam jejak sekolah pendaftar. Sekolah Akreditasi A dapat mendaftarkan 50 persen siswa terbaiknya. Mengingat SMAMITA terkreditasi A, maka peluang siswa untuk diterimapun juga besar. W Murti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here