Dikdasmen PDM Sidoarjo adakan Workshop Penulisan Soal HOTS

0
118
Foto: Bachtiar ketika mengikuti workshop. 

 

Workshop Penulisan Soal Standar dan HOTS Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sidoarjo dilaksanakan tanggal 7 – 8 Jumadil Akhir 1439 H/ 23-24 Pebruari 2018 M di Graha UMSIDA Jalan Pringgodani Trawas. Acara yang diselenggarakan oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sidoarjo diikuti sekitar 60 peserta dari perwakilan sekolah baik dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK Muhammadiyah se-Sidoarjo.

Kegiatan Workshop diisi oleh Dr. Raharjo, M. Si dari Unesa yang memberikan pemaparan bahwa tujuan pendidikan kita adalah untuk mencerdaskan peserta didik sesuai dengan cita cita kemerdekaan Indonesia. Kecerdasan itu dapat diukur dengan kemampuan peserta didik kita dalam memecahkan masalah di masa kini maupun masa depan.

Pelatihan hari pertama ditutup penjelasan tentang berbagai variasi soal HOTS dalam tes pilihan ganda sekaligus semua peserta diberi tugas untuk membuat soal pilihan ganda dengan berbagai variasi soal secara berkelompok menurut masing masing tingkat pendidikan.

Pelatihan hari kedua dimulai dengan presentasi pembuatan soal pilihan ganda dari masing-masing tingkat dilanjutkan dengan penjelasan tes uraian oleh Dr. Raharjo M, Si sekitar pukul 11.30 dan diakhiri dengan presentasi soal uraian tipe HOTS oleh guru Biologi dari SMA Muhammadiyah 1 Taman.

Acara dibuka oleh Ustadz Masyhud SM (Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah) yang mengulas tentang sejarah-sejarah tokoh islam yang mulai dihilangkan, oleh karena itu perlu adanya upaya peningkatan kompetensi guru guru melalui penyelenggaraan acara workshop Penulisan soal standar dan HOTS. Mari bersama-sama dan bekerjasama meningkatkan kompetensi untuk menyiapkan manusia yang bermanfaat di masa depan.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini para guru-guru baik dari SD sampai SMA/SMK akan terbiasa untuk meningkatkan kemampuan siswa siswwinya dengan memberikan soal yang melatih berpikir tingkat tinggi. “Ke depan akan ada sekitar dua kali tatap muka lagi di wilayah Sidoarjo sebagai lanjutan dari acara kita hari ini, kita niatkan semua usaha kita sebagai ibadah, sebagai jihad bil ilmi untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi semua.” Tutup Pimpinan Muhammadiyah Sidoarjo. Bachtiar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here