SMA Muhammadiyah 1 Taman (SMAM1TA) adalah sekolah menengah atas swasta yang unggul di Sepanjang. Sekolah yang mempunyai semboyan SMAM1TA The Excellent School ini perlahan-lahan mulai meyakinkan masyarakat sekitar. Bagaimana tidak, sekolah yang mempunyai gedung lantai 8 dan fasilitas yang baik ini sudah terlihat dan menjadi perbincangan dimana-mana.

Di awali dengan datang pagi 06.15 Bapak/Ibu guru sudah harus berada disekolah. Bagi Bapak/Ibu guru yang kebagian jadwal piket, siap menyambut siswa-siswinya digerbang masuk sekolah. Sambil berjabat tangan dengan guru, siswa  jalan berbaris bergantian. Pukul 06.40 bel masuk sudah berbunyi. Pintu gerbang sudah di tutup oleh petugas keamanan. Doa pun dipandu sentral dari kantor TU oleh siswa SMAM1TA, sementara siswa yang lain mengikuti. Setelah itu di lanjutkan  mengaji bersama, menyanyikan lagu Indonesia raya dan Mars Muhammadiyah. Upaya sekolah untuk menerapkan budaya islami dan menumbuhkan rasa nasionalisme dalam diri siswa. Bagi siswa yang terlambat masuk sekolah akan menerima pembinaan. Memang mereka melewati pembinaan terlebih dahulu untuk menuju masjid Manarul Ilmi yang ada di SMAM1TA.

“Ada beberapa sanksi untuk siswa-siswi yang terlambat dan juga bagi yang sering terlambat” ujar Ibu Hendah selaku koordinator piket dan guru piket saat itu, beberapa sanksi sudah di berikan kepada siswa-siswi SMAM1TA dengan tidak mengikuti pelajaran jam ke 1-2 dan di ganti dengan pembelajaran islami di dalam masjid, salah satunya sholat dhuha, menghafalal-qur’an, muro’jah, dan di berikan penjelasan tentang tata tertib SMAMITA. Agar lebih bisa tertib lagi, selain itu untuk siswa-siswi yang sering sekali datang terlambat akan di pulangkan ke rumah dan mendapat surat panggilan orang tua.

Ini merupakan beberapa upaya untuk mendidik anak-anak agar lebih disiplin, tertib dan harus bisa memaksimalkan waktu” ujar Pak Nahsiiruddin, saat itu saya dan beberapa siswa lainnya bergegas masuk kedalam Masjid Mannarull Ilmi untuk mendapatkan bimbingan dari guru piket,.Wujud kepedulian Bapak/Ibu guru ini tidak luput dari usaha dari guru-guru inovatif yang selalu mengutamakan kedisiplinan waktu.

Saya beruntung bisa sekolah disini, Bapak/Ibu guru mengajarkan saya untuk belajar tepat waktu. Kedewasaan juga dapat di ukur dengan cara mengatur waktu. “saya merasa malu waktu itu, dan selalu bangun pagi agar tidak terlambat masuk sekolah” ucap Galuh. Sungguh upaya-upaya yang di lakukan Bapak/Ibu guru untuk menertibkan siswa-siswinya sangat bermanfaat. Dari sini teman-teman yang terlambat dan saya dapat belajar memaksimalkan waktu. Budaya Senyum, Sapa, Salim juga ada  di SMAM1TA. SMAM1TA memang The Excellent School. Galuh   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here