Foto: Makanan dari limbah pisang

 

Donat dan Puding dari Kulit Pisang, Pempek dari Jantung Pisang, semua makanan itu terbuat dari beberapa bagian pisang yang sudah tidak terpakai kembali, alias sudah menjadi limbah.

Banyak penjual pisang goreng, yang kulit pisangnya dibuang begitu saja. Ada pula, jantung pisang yang juga dibuang begitu saja seselai ditebang.

Dari situlah, kreatifitas siswa SMA Muhammadiyah 1 Taman-Sidoarjo (SMAM1TA) memanfaatkan limbah-limbah itu sebagai makanan yang enak untuk dicicipi. Bahkan, itu bernilai rupiah.

Lain halnya dengan pisang, puding daun Kelor, Jelly kulit Buah, jamu temulawak, permen jahe, dan nata de aloe vera, buatan karya siswa SMAM1TA patut anda rasakan.

Ujian praktikum Biologi SMAM1TA kali ini diadakan Selasa, (06/03/2018) dengan membuat berbagai produk biologi.

Setiap kelompok yang terdiri dari 5 siswa itu diberi beberapa alternatif topik seperti pemanfaatan limbah, pemanfaatan tanaman toga dan bioteknologi.

Hasil karya siswa siswi yang di ujikan siswa siswi kelas 12 sangat variatif, mulai dari makanan, minuman hingga kerajinan tangan dan briket menjadi karya karya yang menghiasi ruang ujian.

Beberapa kerajinan dari pemanfaatan limbah yang menjadi karya mereka adalah wadah serbaguna dari koran, asesoris ruangan dari koran, miniatur becak, tempat tissue bungkus kopi instan, hiasan bunga dari sendok bekas, jam biologis dari kardus, serta briket batok kelapa.

Karya-karya yang dihasilkan oleh siswa-siswi SMAM1TA kelas dua belas memberi banyak inspirasi ke adik kelasnya, terutama yang tergabung dalam Kelompok Karya Ilmiah Remaja (KIR). Untuk itu, mereka dituntut membuat ide ide kreatif dalam memanfaatkan limbah ataupun tanaman-tanaman toga.

Guru, karyawan juga berkesempatan ikut serta mencicipi hasil karya mereka atas hasil karya yang telah dibuat.

Semoga tahun depan, banyak karya karya yang lebih inovatif dan kreatif bisa dibuat oleh adik kelasnya“. Ucap Zainap Arif, Kepala Sekolah setelah mencicipi dan melihat karya anak-anaknya. Bachtiar.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here