Foto: Prof Mikiko Shimizu asal Jepang memperagakan Ikebana

 

Budaya Jepang benar-benar membuat geger masyarakat Indonesia. Bukan hanya masyarakat jepangnya yang mampu menarik perhatian, tapi kini sosialitas hidupnya juga mampu untuk di jadikan inspirasi.

Rabu, (07/03/2018) Club Jepang SMA Muhammadiyah 1 Taman-Sidoarjo (SMAMITA), datang ke acara Workshop tentang budaya Jepang di Universitas 17 Agustus (UNTAG) Surabaya. Prof. Mikiko Shimizu mengajak ratusan peserta dari berbagai sekolah menengah atas dan mahasiswa untuk belajar Ikebana (merangkai bunga ) dan Chanoyu(upacara/jamuan minum teh) .

Ikebana sendiri merupakan seni merangkai bunga yang memanfaatkan berbagai macam jenis bunga. Dan, sedang trend dikalangan masyarakat Indonesia. Pembuatannya sendiri yang mudah ditiru dan sederhana mampu memikat untuk mencontohnya.Tetapi Seni Ikebana mempunyai filosofi kecintaan/kepeduluian terhadap lingkungan sesama makhluk ciptaan Tuhan.

Vina Dwi Sartika (XI IPA 2), juga berkesempatan untuk belajar ikebana secara langsung bersama Shimizu sensei asal Jepang itu. Hasilnya luar biasa, ternyata menurut Shimizu Sensei, hasil dari Ikebana itu cermin dari orang yang membuat, dan itu diungkapkan bahwa Vina orangnya yasashi (baik hati) sesuai hasil karyanya.

Tidak hanya Ikebana, di sana Club Jepang juga diajarkan Upacara Minum teh, mulai dari membuat teh, hingga menyajikan jamuan teh tersebut. Suatu jamuan yang rumit tapi sampai sekarangpun tetap dilakukan masyarakat Jepang sebagai bentuk melestarikan budaya dan mengembangkannya.

Tidak mau kalah Alvin, Moza, Vian, Vidya, Nina, Ami, Asya juga turut berpartisipasi dengan menyapai orang jepang dengan khasnya, dan akhir acara Club Jepang diberi oleh-oleh khas Jepang ,juga vas bunga. Tsukaremashitaga, tanoshikattadesu. Natasya/Emil/Ikhuwan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here