Foto: Manasik Haji SMAM1TA

 

207 siswa SMA Muhammadiyah 1 Taman – Sidoarjo (SMAM1TA) melaksanakan Rukun Iman ke lima. Yaitu, ibadah haji untuk menyempurnakan iman. Tapi, semua itu dilaksanakan dalam bentuk simulasi, atau biasa kita kenal dengan Manasik Haji.

Manasik haji dan umroh ini dilaksanakan kali pertama oleh SMAM1TA di Masjid Agung Al-Akbar Surabaya, Kamis (08/03/2018). Kegiatan ini adalah ujian Agama Islam untuk kelas XII, baik IPA maupun IPS. Dibimbing K

Sabrina, bule Jerman menanyakan, “what are they doing,” Kata Sabrina saat melihat manasik haji siswa SMAM1TA. “They are practicing doing ritual of hajj activities or we usually name as Manasik Haji.They Will do this activities when they go hajj in Mecca“, jawab Mu’ad selaku Waka Humas yang melayani berbagai pertanyaan tentang aktivitas manasik haji ini dalam Bahasa Inggris.

There are five pillar of Islam and what they are doing now is the fifth pillar,” lanjut Mu’ad menjelaskan. Ini merupakan pertama kali bagi Sabrina datang ke Indonesia dan melihat pelatihan manasik haji oleh para siswa SMAM1TA.

Biasanya, materi haji dan umroh hanya dilakukan di kelas, namun kali ini lebih lengkap dengan replika Ka’bah, tempat Sa’i, makam Ibrahim, dan lainnya. Hingga semua siswa laik-laki mengenakan pakaian ikrom, ada yang pinjam adapula milik sendiri, Karena sudah pernah melaksanakan ibadah umroh.

Amin, siswa kelas XII IPA 1 mengaku senang mengikuti manasik haji. “Kita dapat wawasan atau ilmu, jadi nanti melakukan ibadah umroh atau haji seperti kegiatan ini,” kata Amin.

Waka kesiswaan SMAM1TA, Nurul Musdzolifah juga mengatakan. “Ada 5 siswa yang sudah pernah melaksanakan ibadah umroh bersama keluarganya. Mereka diminta untuk memperagakan mengenakan pakaian ihrom kepada teman-temannya,” ungkap Waka kesiswaan SMAM1TA ini.

Lanjut Nurul – “Mulai dari cara berpakaian ihrom, bacaannya, hingga rukun-rukun haji itu yang kita nilai sebagai dasar penilai ujian praktik Agama,” Pungkas Nurul. Emil/Muad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here