Partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) pilkada harus terus meningkat. Tugas guru adalah menghimbau, atau bahkan mewajibkan siswa untuk  menggunakan suaranya, dan Tolak politik uang. “Tolak politik uang, jika suara Anda dibayar Rp.100.000, dibagi 5 tahun maka harga suara anda per tahun adalah Rp.20.000,00”,  tandas Ketua KPUD Sidoarjo  Zainal Abidin dihadapan puluhan guru SMA/SMK se-Sidoarjo.

Zainal – sapaan akrabnya menambahkan, Jika Rp.20.000,00 itu dibagi 12, maka harga Anda perbulan Rp. 1.666, 00. Kemudian Rp1.666,00 itu dibagi 30 lagi sesuai jumlah rata-rata hari dalam sebulan, maka harga Anda adalah Rp.55,00.”Harga Anda lebih murah dari sebungkus permenkah?, jangan berharap daerah Anda akan lebih baik kalau suara anda masih terbeli,” tandas Zainal.

Hal itu disampaikan Zainal saat sosialisasi pendidikan politik masyarakat  untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula Sidoarjo, dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)  Juni 2018 mendatang. Yang dilakukan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, kepada puluhan guru SMA dan SMK se-Sidoarjo Rabu (24/04/2018).

Zainal juga mengatakan, pemilu merupakan perwujudan kedaulatan rakyat. Hanya melalui pemilu, tejadi pergantian kekuasaan secara damai. “Syarat menjadi pemilih sekarang adalah harus mempunyai surat C-6 dan KTP Elektronik, namun apabila tidak mempunyai e-KTP harus membawa surat keterangan Dispenduk,” katanya.

Baca Juga: Siswa SMAM1TA belajar ke Malaysia dan Singapore

Kegiatan ini bertujuan Menyampaikan pendidikan politik kepada masayarakat. Disini peran guru adalah memfasilitasi murid agar melek politik karena siswa generasi muda adalah generasi penerus bangsa. Kata Mulyaawan, ketua Baksebangpol Kabupaten Sidoarjo.

Sejalan dengan Mulyawan, Kapten Inf. Buadi,  juga mengungkapkan hal yang sama, agar bapak ibu guru menginstruksikan kepada siswa supaya berpartisipasi menggunakan suaranya dalam pilkada Jatim mendatang, namun Bapak Ibu guru tidak boleh menganjurkan atau mempengaruhi siswa untuk memilih calon pilgub mana yang akan dipilih. “Selain itu jangan sekali kali selfi atau mengambil gambar dengan calon pilgub karena akan dikira memihak pasangan calon pilgub,“ Pungkas Buadi. Wahyu M

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here