The Power of Social Media

Oleh: Moh. Haidar Abdillah
*SD Muhammadiyah Candi*
*Labschool – Umsida*

——-
Tidak afdhal rasanya jika bisa bersosmed tetapi tidak mengenal meme. Gambar diedit, atau gambar diolah dengan tambahan tulisan lalu menjadi *quote*.

Mungkin setiap dari kita pasti pernah update status di sosmed. Baik gambar pribadi, meme jenaka atau quote. Quote kalimat pamungkas yang tidak tahu siapa yang mengucapkan, siapa yang mencatat dan diteruskan oleh siapa. Terpenting bisa eksis di sosmed

Ketika kita ikuti budaya tersebut Secara tidak langsung kita melanggengkan budaya copashare dan paling merugikan bisa “mengikis” naluri kreatif kita.

Baru tadi pagi saya dikabari salah satu kawan SMA dulu dan sharing tentang manfaat sosmed, “jadi guru di era milenial sekarang tidak boleh cuek dan gaptek dengan sosmed, justru sebaliknya kita harus punya rasa ingin tahu yang besar supaya bisa beradaptasi dengan era milenial”.

 

Baca juga: Masa Depan Itu Dijemput, Bukan Ditunggu

 

Memanfaatkan sosmed dgn membuat narasi meme “provokatif” atau membuat quote dari tokoh pendidikan yang kita kenal menjadi daya tarik sendiri untuk saya pribadi. Saya menilai hal semacam ini bisa menjadi metode baru dalam Promosi sekolah kekinian.

Dulu ketika awal – awal saya melihat status/ quote teman disosmed merasa takjub, dalam hati penasaran “ko bisa kreatif gitu kontennya” ternyata di akhir statusnya tertulis *copas* 😅 terkekeh sendiri jadinya.

Begitu mendengar penjelasan dari kawan SMA tadi, saya coba praktikkan, ternyata membuat meme itu tidak susah, tidak perlu buka CPU atau laptop cukup via hp kita bisa jadi. Download aplikasinya di playstore. Tinggal mengandalkan naluri kreatif dan ingatan quote yang akan dibuat, meme dgn quote pun siap dijadikan status atau dshare ke grup yang kita punya dengan status orijinal buatan sendiri.

Buat saya pribadi yang menjadi nilai lebih selain orijinalitas meme/ quote yang dibuat, bisa melatih guru dan karyawan merasa memiliki sekolah.

Caranya dgn menggunakan meme / quote distatus sosmed mereka dan men share ke grup masing – masing. Mudah dan murah kan? ☺

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *