Memerangi Anemia, Menggapai Prestasi

0
9

Anemia adalah kondisi tubuh sebagai akibat dari rendahnya kadar hemoglobin (Hb) atau sel darah merah. Umumnya terjadi karena tubuh kekurangan zat besi (Fe). Bagi remaja yang merupakan usia produktif, anemia menyebabkan semangat belajar rendah, prestasi menurun karena terbelenggu oleh kondisi badan yang lemah, letih, lesu, lemah dan lunglai. Ini merupakan salah satu gejala anemia yang paling mudah dikenali. Gejala lainnya muka pucat, tidak berkosentrasi, sering pusing, pandangan berkunang-kunang.

Jika siswa kekurangan zat besi akan mempengaruhi kecerdasannya yang rendah, prestasi di sekolah tak memuaskan, ketrampilan pemecahan masalah kurang serta gangguan perilakunya, seperti hiperaktif, sulit mengendalikan diri.

Tak ada jalan lain, yang harus kita lakukan adalah memerangi anemia sejak dini demi masa depan bangsa. Menentukan masa depan sebagai bangsa yang kuat, sehat dan tidak lemah, ya harus ditentukan saat ini. Mengingat, dampak anemia menyebabkan kualitas hidup menurun.

“SMA Muhammadiyah 1 Taman -Sidoarjo (SMAM1TA) mendukung langkah dari dinas kesehatan Sidoarjo untuk mengurangi tingginya angka anemia. Dengan melaksanakan “FeRa (Fe Rabu)”, Rabu (01/08/2018), seusai sholat dhuhur berjama’ah, seluruh siswi putri meminum tablet Tambah Darah.

“Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Rabu selama satu tahun kedepan. Dengan harapan, dapat terhindar dari Anemia, serta semangat belajar meningkat sehingga prestasi dapat dicapai”, pungkas Aknes, Staf UKS SMAMITA. W Murti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here