Ratusan siswa dan siswi SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo (Smamita) menyambut kedatangan tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah dengan cara yang berbeda. Jika sekolah lainnya menggelar karnaval, justru sekolah yang memiliki gedung 8 lantai ini membagikan 1.001 nasi kotak.

Ribuan nasi kotak ini, dibawa para siswa, siswi, guru dan karyawan. Setiap orang membawa minimal 2 nasi kotak dan maksimal 5. Nasi kotak ini, selain dibagikan kepada ratusan pengguna jalan di depan sekolah, juga dibagikan ke lembaga sekolah lainnya di depan Smamita dan ke warga sekitar.

Bahkan sekelompok siswa, juga bergegas menuju Pasar Sepanjang, Kecamatan Taman untuk membagikan nasi kotak itu. Sontak nasi kotak itu menjadi rebutan para pedagang dan pengunjung pasar tradisional itu.

“Kami merayakan 1 Muharram dengan berbagi nasi kotak. Tujuannya mengajarkan siswa dan siswi mandiri, berbagi rejeki dan berbagi rasa dengan warga lain dan teman-temannya sendiru,” terang Kepala Smamita, Zainal Arif Fakhrudi Senin (10/09/2018).

Lebih jauh, pria yang akrab dipanggil Arif ini menguraikan sebelum acara berbagi 1.001 nasi kotak siswa diminta membawa 2 nasi kotak. Namun kemudian kebanyakan sebagian siswa maupun guru membawa nasi kotak 2 – 5 nasi kotak.

“Yang penting ikhlas dalam misi berbagi antara sekolah dengan warga dan lingkungan sekitar ini,” tegasnya.

Selain berbagi nasi kotak, kegiatan tahun baru Muharram ini juga diisi dengan lomba atraksi kelas. Setiap kelas menampilkan atraksi kelas yang bertemakan tahun baru Islam. Sebagian besar atraksi yang ditampilkan kelas adalah menyanyi dan memainkan alat musik. W. Murti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here