Tuesday, November 24, 2020
Home Humas Guru Jepang, hadir di SD Muhammadiyah 1 Candi Lab School Umsida

Guru Jepang, hadir di SD Muhammadiyah 1 Candi Lab School Umsida

SD Muhammadiyah 1 Candi – Lab School Umsida kedatangan guru tamu istimewa, yaitu Yurika Tanabe, asal kota Saitama Jepang. Ia Khusus datang hari Jum’at (12/10/2018) pagi.

Baliho-baliho bergambar Yurika bertulisakan ’Wellcome Yurika Tanabe from Japan’, menghiasi Jalanan gang dipinggir sawah penuh dengan padi yang sudah mulai menguning menuju sekolah yang terletak di desa Sidodadi Candi – Sidoarjo.

Saat tiba di sekolah, semua siswa berhamburan keluar kelas menyapa sang guru dengan berlari menuju mobil dinas Umsida, yang secara khusus digunakan sebagai mobil antar jemput guru asal Jepang.

Yurika – sapaan akrabnya, mengakui kaget dan terkejut, melihat kondisi gedung sekolah sederhana, namun nuansa interiornya begitu modern, dan terasa nyama ketika masuk ruang tamu. “Ruangannya keren, bagus, bersih,” kata Yurika berbahasa Indonesia dengan logat Jepangnya.

Sejenak, Yurika ngobrol santai dengan Kepala sekolah sambil menikmati jajanan tradisional, dan dianataranya hasil bumi asli Sidoarjo. Seperti dadar dulung, ketela pohon, pisang, dan beberapa cemilan lainnya. Setelah itu, ia diajak langsung ke kelas untuk berinteraksi bersama siswa Hebat di sekolah.

Didalam kelas, Yurika sempat diajak membatik di selembar kain kanvas putih  dengan teknik Cap. Tapi alat cap yang digunakan adalah, pelepah pisang dan potongan-potongan buah belimbing yang dijadikan media batik cap. Kemudian, Yurika diajak menari dengan iringan musik Maumere. Nampak, semua tertawa lepas, senang dan begitu gembira terlihat jelas diraut wajah mereka.

Setelah itu, giliran Yurike memperkanalkan diri dengan bahasa Jepang, yang kemudian dibantu diterjemahkan oleh Sensei Ikhuwan, guru asal SMA Muhammadiyah 1 Taman – Sidoarjo (SMAMITA).

Baca juga: Yurika Sensei, Guru Tamu Asal Jepang di SMAMITA

Yurike juga mengajarkan membuat Origami berbentuk pesawat dan hati, dengan kertas-kertas yang sudah disiapkan Yurika dari apartemennya. Ada yang unik saat ia bertaya kepada siswa. “Siapa mau naik pesawat, dan mau pergi kemana,?” Tanya Yurika kepada siswa hebat itu.

Saya, mau pergi ke Jogja,” jawab Ashrofi, bersuara lantang dan diawali dengan mengacungkan tangan terlebih dahulu.

Diakhir sesi, Yurika mengajak anak hebat dari The Leader School, julukan SD Muhammadiyah 1 Candi, Lab School Umsina untuk bermain tepuk tangan ala Jepang. Dan semua mengikuti serentak dengan irama lagu yang sudah disiapkan sebelumnya.

Ternyata, sebelum Yurika pulang, anak anak ini mengerumuni Yurika di ruang kepala sekolah. Sepwrtinya, mereka tidak rela Yurika buru-buru pulang. Tapi itulah namanya anak, jika sudah kenal dan akrab, tak mau buru-buru untuk berpisah. Emil

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Ajarkan Makna Berkurban, SMA Muhammadiyah Gelar Penyembelihan Hewan

Penyembelihan hewan kurban sudah menjadi rutinitas umat islam pada hari Raya Idul Adha, tak terkecuali SMA Muhammadiyah 1 Taman (Smamita). Jumat, 31 Juli...

Smamita Ciptakan Generasi Penghafal Al Quran Melalui Kelas Tahfidz

Dengan penuh ucapan rasa syukur, SMA Muhammadiyah 1 Taman (Smamita) Sidoarjo, terus mengembangkan potensi yang ada baik inovasi maupun kreatifitas. Tahun Pelajaran...

Milad 57 Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah

Milad ke 57 Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah Oleh M. Muad Sahlan Perguruan Seni...

Asal Mula Idul Adha

Oleh : Ira Susantie, S.Pd.I Setiap tahun umat muslim memperingati hari raya Idul Adha. Meskipun saat ini wabah corona...