Bersih Itu Keren Loh

1
31

 

Kebesihan bukan sebatas tanggung jawab petugas kebersihan atau yang biasa kita kenal cleaning service, tapi itu adalah tanggung jawab kita bersama. Seperti halnya yang dilakukan oleh kelas X IPS 2 SMA Muhammadiyah 1 Taman – Sidoarjo (SMAMITA).

Mereka rela hati membersihkan kelasnya, mulai dari membersihkan lantai dengan sapu, ngepel, hingga menata meja kursi agar tertata rapi. Ini sebenarnya hal yang mudah, dan bisa dilakukan oleh siapapun, serta membuat kita jadi anak yang keren. Namun, kalau tidak terbiasa, pekerjaan ini sungguh merepotkan.

Di kelas X IPS 2, siswanya sepakat yang membersihkan kelas Rabu (17/10/2018), adalah petugas piket yang tertera di jadwal piket kebersihan kelas. Makruf Gagat, leader class, membagi tugas kepada rekannya. Ada yang pegang sapu, alat pel, hingga yang bertugas merapikan meja kursi.

 

foto: Migdad, bangga bisa mengoperasikan alat ini dengan benar

 

Ada hal menarik ketika mereka berebut untuk pegang alat pembersih lantai, atau pel. Untuk pegang dan caranya ngepel saja masih belum sempurna. Namun itu bukan masalah, temannya mau membantu untuk mengajari bagaimana pegang alat pel dan cara menggunakannya dengan baik dan benar. Itu ilmu, yang tidak ada dalam kurikulum, tapi berkarakter.

Al hasil, bim salabim, kelas terlihat bersih dan rapi, seperti yang diharap semua orang. Kalau kelas bersih, maka semangat belajar akan bertambah.

Nampaknya, bukan hanya kelas X IPS 2 saja, kelas X IPS 3 juga melakukan hal yang sama, juga kelas-kelas lainnya. Ini adalah budaya, membersihkan kelas sebelum pelajaram dimulai yang harus dibiasakan. Ini loh, cara keren siswa Smamita.

Itu secuil kegiatan bersih-bersih kelas pagi ini. Selamat belajar….. Emil

1 COMMENT

  1. That’s great job
    I believe not only x ips 2 & 3 do this cleaning class but also the other class
    So.for the next report, please write
    This activity is suppprred by all of the classes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here