“Mengapa sih pak kita harus belajar ke luar?” sebuah pertanyaan anak anak yang tiba-tiba mengarah ke saya disela-sela waktu istirahat setelah ISHOMA maghrib. Dengan keterbatasan waktu karena anak mau masuk belajar kesesi berikutnya, maka saya berusaha menjelaskan kepada mereka semua yang kebetulan ‘nyangkruk bersama saya.

Ada 3 alasan yang saya sampaikan kepada mereka:
Pertama : Memberikan suasana atau lingkungan belajar yang baru sehingga menimbulkan motivasi dan semangat baru untuk belajar dalam diri para siswa. Kebiasaan para siswa belajar didalam ruangan kini beralih di Gazebo, di bawah pohon rindang yang diiringi angin yang semilir. Kondisi ini menjadi sebuah kenyamanan dalam belajar.

Kedua : Memberikan pengalaman belajar di miniatur lingkungan yang masyarakatnya banyak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi. Baik interaksi siswa dengan masyarakat mulai dari para penjual makanan atau warga sekitar, dan interaksi sesama siswa tapi dari lembaga sekolah yang berbeda. Aktifitas ini menimbulkan kesan bahwa berbicara bahasa Inggris yang mereka lakukan serasa berbicara bahasa Indonesia atau bahasa Jawa Artinya berbicara Bahasa Inggris itu Sudah kayak bukan bahasa asing lagi. Karena lingkungan itu menggunakan bahasa Inggris sebagai percakapan sehari hari.

Ketiga : Memberikan pengalaman baru kepada siswa untuk bisa belajar dan mengekspresikan cara belajar mereka dengan bebas. Bebas maksudnya tanpa beban ada nilai di bawah KKM, takut salah, atau setumpuk tugas yang harus dikerjakan karena tuntutan kurikulum dan KD yang harus mereka pelajari. Bahasa Inggris adalah pelajaran ketrampilan, artinya bahwa dalam pembelajaran para siswa lebih banyak menirukan cara melafalkan kosa kata maupun kalimat dalam bahasa Inggris, kalaupun toh menulis, fungsinya hanya untuk mengikat materi supaya tidak hilang ketika mereka butuh pegangan untuk belajar.

Nah, yang sangat bernilai dari beberapa alasan yang penulis sampaikan kepada para siswa adalah, membangun kebiasaan untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris di lingkungannya. Artinya siswa terbiasa menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa interaksi dengan teman sejawat sampai serasa bukan bahasa asing lagi.

Salam SMAM1TA The Excellent School. Muad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here