Jam baru menunjukkan pukul 4.28 pagi, memang masih pagi, bahkan masih terlalu pagi, namun kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris mengenai “Morning Expression” sudah dimulai di camp . Kenapa sampai sepagi ini? Karena jadwal kegiatan belajar Bahasa Inggris di Kampung Inggris di Pare Kediri begitu padat.

Materi yang menjadi penekanan adalah semua aspek ketrampilan berbahasa, yaitu speaking, vocabulary, pronunciation, dan grammar.

Materi tersebut yang terus diulang, tentu saja pronunciation selalu menjadi penekanan terkait dengan pelafalan vocabulary baik berupa kata maupun kalimat. Kenapa harus dilafalkan?, mereka harus membiasakan pengucapannya. Tentu saja proses pembelajaran dikemas dengan cara yang menyenangkan para siswa.

Secara garis besar kegiatan pembelajaran ini berlangsung selama 5 – 6 jam dilaksanakan di lembaga dan 2 tatap muka kegiatan pembelajaran yang dilakukan di camp, selebihnya adalah kegiatan penunjang berupa motivasi, arahan tentang maksud dan tujuan pembelajaran di Kampung Inggris, religius meeting, dan Ishoma.

Kita sangat memahami, bahwa tiga hari bukanlah waktu yang cukup untuk menjadikan siswa bisa cas cis cus dalam berbahasa Inggris, bahkan bisa dianggap sangat kurang, namun memberikan pengalaman belajar kepada siswa berupa suasana, metode, lingkungan belajar kepada siswa itu sangat penting.

Itu akan menjadi inspirasi siswa untuk mengembangkan cara belajar individu, untuk mengembangkan ketrampilan berbahasa baik d rumah maupun di sekolah.

Salam SMAM1TA The Excellent School. Muad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here