Dengan mengejar target sekolah untuk go Internasional, SMA Muhammadiyah 1 Taman – Sidoarjo (SMAMITA), kembali kedatangan tamu dari Jepang Rabu (24/10/2018). Ia adalah Youi Hanai, Kepala Sekolah Bahasa yang ada di Nara dan Kyouji Kinoshita, Kepala Sekolah Bahasa di Osaka.

Mereka berdua tidak sendiri, ada Aci Morimoto Sensei, perempuan asal Surabaya yang saati ini sudah lebih dari 22 tahun menetap di Kota Nara – Jepang, karena suami asli sana.

“Kami sengaja datang ke Smamita, karena melihat informasi yang ada di website, Smamita terus maju dan berkembang. Sehingga kami menaawarkan program sekolah bahasa ini kesini,” kata Aci Morimoto.

Lebih lanjut, dalam paparan kedua kepala sekolah asal Jepang itu mengatakan, siswa Smamita punya kesempatan besar untuk belajar budaya, bahasa, dan memungkinkan untuk melanjutkan ke jenjang Srata Satu (S1).

Sekolah bahasa adalah, sekolah pengantaran bahasa sebelum mahasiswa dari luar jepang melanjutkan ke jenjang berikutnya.  Berdurasi kurang lebih 18 bulan, siswa bisa mempelajari bahasa jepang dengan baik.

Jika siswa sudah sampai level N5 (Norkyoku Shikken), bisa jadi mereka juga akan dapat beasiswa S1, atau lanjut S2 juga. Untuk menunjang keberlangsungan hidup di jepang, sekolah ini juga menyiapkan pekerjaan paro waktu agar para pelajar mendapat uang jajan tambahan, biasa disebut Arubaito.

Sekolah menjalin kerjasama dengan kepolisian Jepang untuk memberikan edukasi tertib dan tata aturan yang ada di Jeppang.

Kemudian, simulasi dan penanganan dini terhadap kejadian gempa, menjadi salah satu materi wajib yang ada di sekolah itu. maklum, Jepang adalah Negara yang diselimuti dengan bencana gempa, maupun tsunami.

Ada dua waktu belajar dalam sehari, mulai jam 9 sampai jam 12.30, atau jam 12.30 sampai jam 4 sore.

Mahasiswa asal Indonesia yang akan belajar ke Jepang, nantinya akan memperoleh visa Pelajar. Perlu diketahui, biaya hidup selama satu tahun di Jepang, kisaran 100 juta rupuah, dan, kedua sekolah tersebut, menjamin untuk memberi potongan 50% biaya pendidikan untuk dua siswa terbaik Smamita yang berminat.

Acara sosialisasi ini dikuti oleh seluruh siswa kelas XI (sebelas) dan juga beberapa perwakilan wali murid. Emil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here