Berbagai macam baju adat daerah diperlombakan dalam Bulan Bahasa 2018 yang bertajuk, Cinta Budaya, Bangga Indonesia, yang diselenggarakan oleh SMA Muhammadiyah 1 Taman – Sidoarjo (SMAMITA), Kamis – Jumat (25-26/10/2018).

Pakaian adat itu mulai dari ujung Sumatera yaitu Aceh, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku hingga Papua ada di Smamita. Hal ini membuktikan bahwa, anak Smamita itu peduli untuk melestarikan pakaian adat dan budaya lokal yang dimiliki Indonesia.

Seperti halnya yang lakukan oleh Dewa Putra Prassuwito dan Mufidatus Sholichah. Kelas X IPA 3, anak didik dari ustadzah Ari Tri Maria, S.Pd., dua anak ini mewakili kelas mengenakan pakaian adat Jogjakarta.

 

 

Kalau dengar nama Jogja, kita pasti langsung menuju jalan Malioboro. Ramai, penuh dengan orang berjualan disepanjang jalan itu, atau sekedar menikmati malam dengan ramainya jalanan.

Kelas ini mendapat pilihan Jogjakarta ketika diundi antar kelas. Boleh lah, mereka jadi duta Smamita, dengan kelas-kelas lain yang juga lebih inspiratif.

Bu Ari, –panggilan akrabnya– mengatakan, anak anak ini memang sewa, tak mungkin dirumahnya ada pakaian adat Jogjakarta selengkap itu. Wajar, dengan sedikit mengeluarkan biaya, untuk tetap Cinta Budaya dan Bangga Indonesia.

Mereka dari rumah (tempat sewa baju) untuk Dandan terlebih dahulu sesuai dengan pakaian adat asli Jogja, kemudian baru ke sekolah.

“Mereka berangkat jam 4.30 pagi ke tempat rias. Dan tiba di sekolah jam 6.45, sedikit terlambat memang. Tapi mereka sudah ijin,” ujar ibu wali kelas yang penuh ketelatenan ini.

 

 

Selain itu, animo wali murid dari pantauan WA Group kelas, rata-rata mereka semua mengapresiasi kegiatan yang inspiratif dan positif ini.

“Banyak yang memberi semangat pak. Ayo semangat anak-anakku X IPA 3,” tiru bu Ari lihat di WA Group.

Lebih jauh, komentar wali murid di WA Group kelas, “Terus ada juga yang begini, Selamat dan sukses ya anak2 ku semua semoga saat ini menjadi awal prestasimu menuju masa depan yang cerah,” pungkas ustadzah asli Jatikalang – Krian. Emil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here