Crafbank Suryamita Juara di UNESA

0
27

Masuk babak final Gebyar Ilmiah Sains Unesa se Jawa Bali yang diselenggarakan Universitas Negeri Surabaya Ahad (28/10/2018), karya milik anak Smamita perlu diparesiasi.

Crafbank Suryamita oleh Eva Avicena, Imara Al Hamani, dan Aisyah Ramadhanti peroleh Bronze Medals dalam ajang bergengsi tersebut.

Crafbank sendiri, adalah rangkaian parallel dan energy panel surya, yang didesain sedemikian rupa menjadi powerbank bertenaga surya, sebagai energy alternative dalam kehidupan generasi milenial.

Menurut Eva, ketua tim mengatakan, alat ini dapat menyimpan daya baterai sebesar 136 watt, yang dibuat dengan rangkaian parallel 10 buah bateray litium dan disambung dengan micro USB charge, dan panel surya, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengisi bateray gadget.

“Alat ini, bisa mengisi 3 Handphone sekaligus secara bersamaan,” ujar Eva saat ditemui smamita seusai pengumuman juara.

Lebih lanjut, ia mengucap rasa syukur Alhamdulillah, atas prestasi yang diraih bersama teman-teman yang bertepatan dengan peringatan hari sumpah pemuda 28 Oktober 2018 kemarin.

Selain itu, Bahtiar Adi, S.Pd., guru pembimbing, mengatakan bahwa, inovasi anak anak ini bagian dari pemanfaatan limba elektronik yang terbuang sia-sia.

“Ini bagian dari pemanfaatan limbah baterai laptop yang sudah tak berfungsi secara maksimal. Dan ini akan kita lombakan lagi dengan inovasi-inovasi tambahan lainnya,” pungkas guru yang selalu tersenyum itu. Emil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here