Kajian Keliling Perdana SMAMITA

0
18

Pada sabtu 20 Oktober 2018 kemarin, SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo mengadakan acara kajian keliling rumah siswa secara bergantian. Acara ini merupakan kajian perdana yang diawali kelas X IPA 5 yang dilakukan sebagai ajang silaturrohim menjalin kearakaban dengan wali murid untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah antar keluarga besar Smamita yang dilaksanakan di rumah Bapak Abdulloh Naufal Bawazier, S.T.

Dalam kajian ini acara diawali dengan pembukaan yang dibacakan oleh Adhara Syahda Raino dan Fara Zahira kelas X IPA 5 dengan dua bahasa (bilingual) yaitu Indonesia-Inggris mereka berdua juga sebagai MC (Master Ceremony) dibawah bimbingan Ustadzah Chusnul Utami, S.Pd.I selaku wali kelas. Uniknya di Smamita wali kelas harus bisa menjadi ibu kandung di sekolah sehingga harus ada kedekatan psikologis dan tanggung jawab penuh dengan anak didiknya.

Acara selanjutnya adalah pembacaan ayat suci alqur’an yang dibacakan oleh Abdulloh Adil Bawazier dan dilanjutkan dengan sambutan dari tuan rumah yang diwakili oleh Ustadzah Amirah Sulaiman selaku adik shohibul bait. Beliau mengharapkan bahwasannya Smamita bisa melahirkan generasi yang hafidzul qur’an meskipun dari jurusan IPA. Boleh saja remaja semangat mendalami Sains. Namun alangkah baiknya jika dibarengi dengan mencintai alqur’an dan menghafalkannya. Dilanjutkan acara berikutnya yaitu kultum ( kuliah tujuh menit) yang disampaikan oleh Annisa’ul Baroroh selaku ketua kelas dengan tema Pentingnya Silaturrohim yang telah dibimbing oleh Ustadzah Ira Susanti, S.Pd.I.

Dalam cerahmah singkatnya Nisa’ menyampaikan, “Bahwasannya Islam adalah agama yang memuliakan manusia yang menganjurkan ummatnya untuk menjalin silaturrohim. Karena didalam hadits disebutkan
مَنْ أٌحَب أَنْ يَبْسُطً لَهُ فِى رِزْقِهِ وَيُنْسَألَهُ فِى عُمْرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ ( متفق عليه)
Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah menyambung tali silaturrohim (Muttafaq Alaih).

Adapula manfaat yang lain adalah menghilangkan stress dan galau karena saat bertemu teman ada canda tawa, saling cerita dan berbagi informasi disitulah celah-celah rizki dan nasehat mulai datang. Begitu juga akan bertambahnya teman. Karena dengan silaturrohim orang yang awalnya tidak mengenal bisa menjadi saudara. Sehingga ukhuwah Islamiyah semakin terasa”.

Kemudian dilanjutkan dengan acara inti yang tidak kalah menarik adalah motivasi keilmuan yang disampaikan salah satu wali murid ibu Nani Handayani, S.E, M.I.Kom beliau juga seorang dosen Unair. Dalam materinya beliau berpesan bahwa generasi remaja harus mencintai ilmu, memperbaiki sholat karena dengan sholat dapat mencegah dari perbuatan yang keji dan mungkar, Remaja harus menghindari pacaran karena dengan pacaran dapat mengganggu semangat belajar dan generasi remaja juga harus mengurangi gadget. Para siswa juga antusias dalam mengikuti materinya.

Yang menarik dari acara ini para siswa bisa sopan dalam perkataan, perbuatan, pakaian dan pergaulan. Sehingga Smamita bisa menunjukkan kepada masyarakat karakter siswa sebagaimana yang tertuang dalam visi sekolah yaitu Sholih Dalam Perilaku, Unggul Dalam Mutu dan Berdaya Saing Global. Ira Sushantie

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here