Era Baru, Pemasaran Sekolah Dengan Digital Marketing

    0
    42

     

    Pimpinan Cabang Aisyiyah Sepanjang menggelar seminar bertajuk Digital Marketing di SMA Muhammadiyah 1 Taman, Rabu (7/11/2018). Seminar yang diikuti oleh 13 Kepala Sekolah TK ABA Se Cabang Sepanjang, dan 3 orang dari Majelis Dikdasmen PCA, mengusung tema ‘The Power of Digital Marketing’.

    Kepala SMA Muhammadiyah 1 Taman, Zainal Arif, mengapresiasi langkah dikdasmen PCA Sepanjang dalam rangka memperkenalkan sekolah sekolah Aisyiyah yang notabene adalah Muhammadiyah ke masyarakat umum.

    “Untuk dapat menjadi sekolah yang dikenal masyarakat. Kita harus memiliki sesuatu yang bernilai dan berbeda atau diferensiasi, yang tidak dimiliki sekolah lain, sehingga masyarakat akan tertarik dengan sekolah.” Ujar Zainal Arif dalam sambutannya dihadapan peserta.

    Tidak dapat dipungkiri, peralihan jaman dari analog ke digital cenderung membuat manusia dengan mudah mengkonsumsi konten digital setiap harinya, baik itu di ponsel, laptop dan komputer. Oleh karena itu media sosial menjadi tempat yang efisien untuk melakukan pemasaran digital, salah satunya adalah marketing sekolah.

    Dalam paparannya, Emil Muhktar Effendi jurnalis PWMU.co mengatakan, “pertama yang bisa kita lakukan dalam digital marketing adalah membuat konten atau tulisan tentang kegiatan”. Ujarnya. Setiap kegiatan sekolah bisa ditulis kemudian upload ke website atau media sosial dan share ke grup yang kita miliki.

    Ia menambahkan, Rumus baku dalam strategi menulis itu adalah 5W + 1H . Sederhana sekali:
    W1 = What
    W2 = Who
    W3 = When
    W4 = Where
    W5 = Why
    H = How

    WHAT adalah apa kegiatannya. WHO adalah siapa yang terlibat dalam kegiatan itu. WHEN atau kapan. WHERE atau tempat. WHY adalah mengapa. Dan tambahi dengan HOW adalah bagaimana prosesnya, lika-likunya, dan sejenisnya.

    Kesemua itu harus ada dalam tulisan yang kita buat, sehingga informasi yang disampaikan benar, bukan Hoax, serta layak untuk dipublikasikan.

    Menutup kegiatan, Staff Humas Smamita bidang Publikasi ini menitipkan pesan kepada kepala sekolah hebat itu, untuk segera buat tim publikasi di masing-masing sekolah.

    “Silahkan Buat tim penulis berita sekolah, setelah itu, hasil tulisan bisa dipublish kemedia, sehingga kegiatan sekolah bisa dikonsumsi dan dikenal masyarakat luas. Share, share, dan share”. Pungkasnya. W. Murti