Mengajar di level pendidikan anak TK tidaklah mudah. Selain harus ekstra sabar, guru TK akan menjadi contoh bagi anak didiknya. Apapun perilaku Guru akan terekam dalam ingatan siswa dan ditiru. Guru TK juga harus mampu bekerjasama dengan orangtua untuk menciptakan suasana yang kondusif.

Guru harus memiliki integritas terhadap peserta didik. Guru TK juga harus tahu perkembangan anak, dan memahami prinsip pendidikan TK. Selain itu guru juga harus membangun sinergi dengan masyarakat dan Wali murid. Hal itu yang kini sedang dilaksanakan oleh pihak sekolah TK ABA Bebekan. Membangun sinergi dengan wali murid dengan cara melaksanakan program “My Parents is Teacher”.

“Orang tua menjadi wakil dari walimurid untuk berbagi ilmu di program My Parents is Teacher” Ujar Wuryanti Ummu Azizah, Kepala Sekolah TK ABA Bebekan. Ada 8 perwakilan walimurid yang mengisi acara tersebut untuk 8 kelas. Masing-masing kelas mempunyai tema yang berbeda-beda, antara lain: memasak, profesi, mengenal lingkungan, dan lain lain.

Rabu, 8/11/2018 kemarin, Ika Prehantina, wali siswa dari Habibi kelas A TK ABA Bebekan yang sekaligus guru SMA Muhammadiyah 1 Taman, berkesempatan menjadi Guru sehari di TK ABA Bebekan. Tema yang diajarkan Ika pada kesempatan ini adalah menghias kue Donat.

“Anak anak, ada yang pernah menghias kue donat ? ‘ tanya Ika saat memulai membuka kelas mengajar di Ruang Cooking.

“saya bu,” Jawab anak anak serentak. Semua siswa nampak bersemangat mengikuti kelas menghias donat.

Ika menambahkan, tujuan materi menghias donat di arena memasak ini salah satunya melatih anak-anak agar senang bisa membantu orang tua di rumah seperti memasak, membersihkan rumah, merapikan barang-barang mereka sendiri sehingga membiasakan mereka belajar hidup disiplin.

Diakhir acara, Kepala Sekolah melakukan evaluasi dengan walimurid yang tampil hari ini. Dengan adanya kegiatan ini anak-anak bisa lebih mengenal lingkungannya dan walimurid bisa lebih dekat dengan seluruh teman dari putra-putrinya yang ada di sekolah. W. Murti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here