Press Realese

 

Ditangan anak SMA Muhammadiyah 1 Taman – Sidoarjo (SMAMITA), limbah elektronik bisa digunakan untuk powerbank.

Karya mereka patut diapresiasi kembali. Alat ini diberi nama Craftbank Suryamita. Yaitu, pemanfaatan baterai laptop bekas dikombinasi dengan panel surya untuk powerbank Handphone.

Bukan hanya itu, ini juga bagian dari pemanfaatan energi alternatif yang dimiliki Indonesia berada dibentangan garis katulistiwa, yang setiap tahunnya dilewati sinar matahari.

“Oleh karena itu, kami memilih untuk mengembangkan energi surya,” kata Imara ketua tim projek Craftbank Suryamita.

Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Smamita periode 2017-2018 ini juga mengungkapkan, karena sekolah menerapkan CBT dalam pelaksanaan ujian. Untuk mensukseskan itu, Craftbank ini bisa menjadi solusi dalam pengisian baterai gadget anak anak saat ujian, bisa dipakai bareng-bareng.

Ia mengatakan, dalam satu baterai laptop ukuran 14 Inci, terdapat 6 buah baterai lithium ion didalamnya. Baterai itu didapat ketika laptop benar-benar rusak, namun baterainya masih bisa digunakan kembali. “Dari pada dibuang percuma, bisa kita manfaatkan untuk kurangi limbah,” katanya.

Di Craftbank Suryamita sendiri terdapat 10 buah baterai lithium bekas. Masing-masing memiliki 3,4 volt. Jika ditotal, jumlahnya 340 volt, dengan masing-masing 1.8 Ampere per baterai.

Untuk mengisi Craftbank Suryamita, dengan Solar cell 5 volt, dibutuhkan waktu kurang lebih 9 jam. Jika mau terisi penuh, butuh waktu 2 kali pengisian, atau 18 jam dibawah sinar matahari yang cukup terik. Boleh juga langsung menggunakan listrik yang ada dirumah kita.
Ketika craftbank ini digunakan, bisa menampung 6 kali pengisian. Karena alat ini menyediakan 3 output USB Boost, jadi bisa dipakai 3 Handphone sekaligus.

“Ya, lumayan bisa digunakan rame-rame di kelas,” ujar Imara.

Karya tim Smamita ini memperoleh juara 3 dalam agenda Gebyar Sains Ilmiah di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), pada kategori Science Writing Competition se Jawa-Bali, 27-28 Oktober 2018 lalu.

Ketiga anggota tim tersebut diantaranya Imara Al Hamani XII IPA 1 (tengah), Eva Avicenna Sofianti XI IPA 1 (kanan), dan Aisyah Ramadhanti Suhada X IPA 2 (kiri). Emil

Klik disini: Daftarkan putra putri, saudara, kerabat, atau tetangga untuk PPDB 2019-2020. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here