SMA Muhammadiyah 1 Taman kembali memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil 2018 berbasis komputer atau computer based test (CBT). PAS CBT ( Computer Based Test ) dilaksanakan pada seluruh mata pelajaran wajib, dan peminatan. Penilaian Akhir Semester – CBT (Computer Based Test) merupakan tes yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer, mulai Senin (26/11/2018).

Karakteristik dari tes ini sama dengan tes konvensional  umum yaitu menggunakan satu perangakat tes untuk beberapa peserta dengan panjang tes yang relative sama. Perbedaannya hanya terletak pada teknik penyampaian butir butir  soal yang tidak lagi meggunakan kertas namun menggunakan komputer.

Hari pertama PAS CBT di SMA Muhammadiyah 1 Taman tidak diketemukan kendala yang berarti saat ujian. Hanya butuh pembiasaan lagi terhadap penggunaan perangkat android.

Sebanyak 648 siswa mengikuti PAS- CBT dengan tertib.  Belajar dari pengalaman proses ujian CBT sebelumnya, ujian kali  ini berjalan lebih baik dan kondusif. Seluruh siswa telah mempersiapkan peralatan ujian diantaranya ponsel berbasis android yang dilengkapi charger dan ada juga sebagian yang menggunakan laptop. Namun ada 2 siswa yang tidak memiliki hape sehingga sekolah memfasilitasi dengan menyediakan komputer untuk mereka ujian.

Ujian CBT memang memberi banyak manfaat. Dari segi objektivitas, siswa dapat  mengerjakan soal secara mandiri tanpa ada kesempatan bekerja sama dengan peserta ujian lainnya. Hal ini dikarenakan soal yang dikerjakan setiap siswa berbeda. Guru mempersiakan beberapa jenis soal dengan nomor yang diacak sehingga soal antar siswa berbeda.

Sistem komputer akan menghitung jawaban yang benar dan salah secara otomatis sehingga penilaian transparan dan hasil bisa segera diketahui. W Murti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here