Guru Smamita: Edwin Yogi L, S.Ikom, M.Ikom

 

25 guru dari 4 sekolah ikuti Psikotes untuk kelanjutan hasil seleksi calon wakil kepala sekolah di Amal Usaha Muhammadiyah Cabang Sepanjang.

Hal itu disampaikan oleh Asror CH, sekretaris majelis Dikdasmen PCM Sepanjang Sabtu (22/12/2018) di SD Muhammadiyah 1-2 Taman yang ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan.

Pak Asror — panggilan akrabnya mengatakan, kalau dahulu, psikotes ini tidak menjadi persyaratan pilihan.

“Mulai 2017, psikotes merupakan bagian dari persyaratan yang lainnya untuk calon wakil kepala sekolah AUM di Cabang Sepanjang,” katanya.

Selain itu, Wahono, ketua majelis Dikdasmen mengajak kepada semua peserta, agar memanfaatkan kesempatan kali ini untuk menggali potensi yang sebenarnya ada dalam diri kita masing-masing.

“Kerjakan dengan tenang, dan tidak tergesah-gesah. Selamat mengikuti tes bagi semuanya,” pungkas Dosen Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Program Study Psikologi ditunjuk secara khusus sebagai pelaksana ujian. Dipimpin oleg Agus Poerwanto, dosen psikologi dari dan timnya.

Agus mengungkapkan, ada kalanya hasil tidak sesuai dengan perkiraan.
Karena beberapa sebab, yaitu faktor internal dan eksternal peserta itu sendiri.

Seperti halnya jika faktor itu dari internal adalah, kondisi peserta yang capek, lelah, sakit, dan lainnya.

Psikotes itu pada dasarnya mengetahui potensi diri. Ada tiga aspek, yang diujikan, pertama kognitif, kedua kepribadian.

Pada tes kepribadian, Agus mengatakan tidak ada yang salah dalam mengerjakan, tapi, setiap orang berbeda. Karena punya ciri sendiri-sendiri setiap manusia.

“Seperti halnya sidik jari, hampir sama polanya, tapi tidak ada yang sama pada semua manusia didunia,” kata Agus.

Ketiga, tes aspek kerja. Yang diukur 4 aspek, ketelitian, kecepatan, keajegan, dan kecermatan.

Harapannya, hasil tes ini akan menentukan tugas yang akan diberikan bisa sesuai dengan apa yang diharap masing-masing sekolah.

Empat sekolah yang mengikuti psikotes kali ini adalah SMP Muhammadiyah 2 Taman, SMK Muhammadiyah 1 Taman, SMK Muhammadiyah 2 Taman, dan SMA Muhammadiyah 1 Taman. Emil