Kejar Masa Depan Lewat PTN

0
78
Siswa Smamita menerima pejelasan dari Staff Kurikulum Erna Mufidah (baju pink)

Panitia Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah menyampaikan hasil pemeringkatan dan eligibilitas siswa untuk mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sejak Senin, (5/2/2019). Hasil pemeringkatan hanya dapat dilihat oleh siswa secara individu. Hak informasi eligibilitas ada di siswa masing-masing dengan akses di laman SNMPTN menggunakan username dan password yang dimiliki siswa.

Dari hasil pemeringkatan oleh system LTMPT tersebut, sebanyak 80 siswa dari 202 siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 1 Taman – Sidoarjo (SMAMITA) eligible sehingga berhak untuk mendaftar SNMPTN 2019. Kuota 40 persen untuk pendaftar SNMPTN berhak diperoleh Smamita karena menyandang akreditasi A

Melihat hal tersebut, pihak Smamita bergerak cepat untuk menghimbau siswa yang eligible untuk segera melakukan pendaftaran ke laman SNMPTN sebelum 14 Februari 2019.

SNMPTN memperhitungkan nilai raport dan prestasi siswa, serta indeks Sekolah yang bersangkutan. indeks sekolah merupakan nilai sekolah di mata PTN yang dituju.

Indeks tersebut meliputi Akreditasi sekolah, IPK dan prestasi alumni di PTN yang dituju, Banyaknya siswa yang diterima di SNMPTN tahun sebelumnya, Track record sekolah di PTN yang bersangkutan dan Prestasi sekolah dalam perlombaan tingkat Daerah/Nasional/Internasional.

Erna Mufidah, staf kurikulum Smamita memberikan gambaran bagaimana strategi siswa untuk mendaftar SNMPTN 2019.

“Diharapkan siswa jeli dalam menentukan jurusan di PTN pilihannya. Siswa harus melihat statistik berbagai jurusan di prodi PTN yang terdapat di laman SNMPTN sebagai referensi untuk menentukan pilihan jurusan,” Ujar Erna.

“Pilih jurusan yang menjadi passion dan minat siswa sehingga saat diterima nanti jurusan tersebut harus benar benar diambil , dan tidak boleh dilepas,” imbuhnya.

Untuk siswa yang belum terundang seleksi SNMPTN, jangan berkecil hati. Perguruan Tinggi Negeri masih menyediakan beberapa jalur pendaftaran diantaranya, Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN), Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK PN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) dan jalur mandiri. Pada tahun 2019 ini, kuota SNMPTN 20%, SBMPTN 40% dan Mandiri 30%.

Ayo, manfaatkan sebaik mungkin, dan tetap berikhtiar dapat yang terbaik. Wahyu Murti