Peserta Munaqosah setor hafalan ke penguji

Munaqosah adalah ujian hafalan baca Quran, yang dilkukan oleh tim Tajdid Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim.

Sebanyak 75 siswa dari dua sekolah kali ini mengikuti ujian yang dilaksanakan di Masjid Manarul Ilmi, SMA Muhammadiyah 1 Taman – Sidoarjo (SMAMITA). Yakni, 50 dari Smamita, dan 25 dari SMP Muhammadiyah 2 Taman.

Peserta munaqosah ditarget untuk hafal Juz 28, 29 dan 30 dalam Al Quran. Dari pantauan kontributor smam1ta.sch.id, seluruh peserta berkonsentrasi tinggi untuk meningkatkan daya ingat dengan cara muroja’ah, atau mengulang sendiri hafalannya sebelum dilaksanakan ujian.

Miftahol Jannah, koordinator ISMUBA Smamita mengatakan, setelah diadakannya agenda ini target hafal Al Quran menjadi tujuan utama.

“Setelah Munaqosah, anak-anak akan ditarget jadi Hafidz Quran lulusan Smamita,” kata guru yang sedang menempuh pendidikan S2 di Universitas Muhammmadiyah Sidoarjo (UMSIDA).

Selama proses munaqosah ini, Ramzi dari kelas X Ipa 5 sudah hafal mulai Juz 1, 2, 3, 4, 5, dan 28, 29, 30.

Abdullah Azam kelas XII IPS 2 beberapa hari kemarin opname di Rumah Sakit, namun tetap konsisten muroja’ah atau mengulang hafalan sendiri sebelum dilaksanakan ujian.

Begitu juga Rifqi Firdaus XI IPS 2, yang semula menunda hafalan karena kondisi sakit, hari ini tetap semangat mengikuti ujian

Lain halnya dengan Maulidah X IPS 1, walau dengan kondisi sakit, karena semangat dan dukungan orang tua, ia tetap bisa mengikuti agenda munaqosah Smamita periode perdana ini.

Susi Suswati salah satu penguji menuturkan, masih terdapat beberapa siswa yang tajwid bacaannya perlu ditingkatkan kembali, seperti Ikhfa’.

“Nanti, anak-anak ini harus ada pendampingan, dan atau contoh untuk meningkatkan kualitas bacaannya dari guru pendamping,” tutur bu Sus yang juga aktif di Aisyiyah Cabang Krian. Emil