Musfirah menunjukkan hasil olahannya

 

Boltang, atau bola bola kentang adalah olahan dari kelompok Darah Muda. Mereka dari kelas XII Ipa 3 yang sedang melaksanakan ujian praktik Prakarya dan Kewirausahaan pada Kamis, (21/2/2019).

Boltang itu adalah kentang yang direbus kemudian dihaluskan, dicampur dengan parutan keju, tambahkan lada, garam, bawang putih dan tepung maizena. Buat bulatan dari adonan itu menyerupai bola kecil, kemudian goreng.

Dari 1,5 Kg kentang, bisa jadi 50 kemasan. Satu kemasan berisi lima bola kentang dihargai lima ribu per porsi.

“Ini bukan sekedar bola kentang biasa, lebih gurih terasa kentangnya, karena ada tambahan keju,” Ujar Musyfirah salah satu anggota kelompok.

Selain itu ada pula Cireng getas, disebut Cirgas olahan dari tepung kanji, yang ditambahin air secukupnya, dibuat adonan terlebih dahulu, ambil wadah adonannya diuletin.

Namun, sebelumnya masukan dulu di kulkas biar dingin. kemudian baru digoreng.

Lain halnya dengan Zafira, menyiapkan Es Hulk, terdiri dari isian buah melon, buah naga, biji selasih, jelly, creamer, dan larutan gula.

“Huluk diambil dari dominan warna es hijau. Es ini lebih sehat, karena mayoritas isian buah buahan,” ujar Zafira.

Semua paket ketiga olahan ini dihargai dua belas ribu rupiah.

Kelompok Darah Muda terdiri dari Olivia Putri P., Musfirah Faatihatul J., Zafira Qonitina A., M. Ulwan F., Qurota Ayunin, Raka Firmansyah B., Lilia prastika, dan Laily indah. Emil