Earth Hour adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya.Earth Hour merupakan kampanye yang dilakukan secara global dalam rangka mengajak seluruh penduduk bumi untuk bersama-sama peduli dalam upaya untuk menurunkan emisi zat karbondioksida sebagai pemicu terjadinya pemanasan global serta perubahan iklim.

Tahun ini, Earth Hour jatuh pada 30 Maret 2019. Tepatnya, peringatan ini dilakukan selama pukul 20.30 hingga 21.30 waktu setempat. Peringatan Earth Hour sendiri merupakan pangkal dari keprihatinan warga dunia karena adanya perubahan iklim di bumi yang nyaris tak bisa dihindari.

Pun demikian dengan SMA Muhammadiyah 1 Taman, menghimbau kepada seluruh warga smamita untuk mengikuti tradisi earth hour. Kegiatan utama EH adalah mematikan lampu yang tidak diperlukan di rumah dan lkantor selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya tindakan serius dari global warming. Selain itu kegiatan menghemat energi juga dilakukan. sekadar menghubungkan kabel ke colokan sudah menguras energi juga.

Untuk itu,segera mulai kurangi penggunaan energi lain yang tak diperlukan. Selain mengurangi penggunaan listrik,kita juga mengurangi penggunaan air, gas, dan sumber-sumber energi lain yang berasal dari bumi.

Tujuan sederhana earth hour untuk menyelamatkan bumi. Ada banyak sekali cara sederhana menyelamatkan bumi, selain mematikan lampu.Diantaranya mematikan kran air setelah dari kamar mandi, mengurangi penggunaan kantung plastik, menggunakan tote bag , minum tidak menggunakan sedotan plastik , tidak merusak fasilitas sekolah, membantu petugas kebersihan menjaga dan membersihkan kelas, dan sekadar menghabiskan makanan di piring juga merupakan usaha penyelamatan bumi. Wahyu Murti