SMAMITA – Tanggal 27 Rajab menjadi hari yang bersejarah bagi umat Islam di seluruh dunia.Karena pada hari itu terdapat peristiwa besar dimana Rasululloh Muhammad SAW dijalankan Alloh pada malam hari dari masjidil harom Mekkah ke masjidil Aqsho di Palestina ditemani malaikat jibril dengan mengendarai buraq (kendaraan secepat kilat).

Ketika di Masjidil Aqsho Rasululloh sempat duduk di halaman masjid diatas batu besar yang sekarang tempat batu besar itu dibangun masjid Qubbah Ash Shakhrah masjid segienam dengan qubah keemasan. Setelah di masjidil Aqsho Rasululloh dijalankan lagi naik ke langit ketujuh sampai ke Sidrotul muntaha.

Dalam perjalanan Rasululloh bertemu dengan para nabi di setiap langit.Seperti bertemu nabi Adam, Idris, Isa, Musa, Yusuf, Ibrahim dan lainnya. Rasululloh juga diperlihatkan keindahan surga dengan segala kenikmatannya.

Begitu juga Alloh memperlihatkan dahsyatnya siksa neraka. Pada peristiwa ini Rasululloh bisa sampai ke baitul Izza dan bertemu dengan Alloh langsung dengan menerima perintah sholat 50 kali sehari semalam. Namun ketika Rasululloh turun ke langit dunia.

Beliau bertemu dengan nabi Musa dan menyuruh Rasululloh untuk minta keringanan kepada Alloh sholat wajib lima waktu sehari semalam. Karena umatnya akan keberatan menjalankan sholat 50 kali sehari semalam.

Akhirnya Alloh mengabulkan keinginan nabi dan pada saat itu juga umat Islam diwajibkan sholat lima waktu dalam sehari semalam.Yang mana sebelumnya hanya sholat fajar sama sholat ashar saja dan menghadap qiblat ke masjid Al Aqsho.

Akan tetapi hanya 16 bulan saja. Kemudian qiblatnya diarahkan Alloh ke ka’bah sampai turun kewajiban sholat lima waktu dan sampai sekarang ka’bah menjadi tempat pemersatu umat Islam di seluruh dunia.

Alloh memperjalankan nabi dalam waktu satu malam untuk menghibur nabi yang baru saja berduka atas kematian istrinya tercinta Khadijah binti Khuwailid dan kematian paman tercintanya Abu Tholib.

Selain itu juga memuliakan kedudukan Nabi dari nabi nabi yang sebelumnya. Karena hanya Rasululloh yang pernah bertemu Alloh secara langsung dan Rasulullohlah satu satunya nabi yang bisa memberi syafaat pada hari qiyamat. Ira

Zaki dan Safira di Soal Esay UNBK Matematika