Empat Hari Untuk Masa Depan

0
10

Terdapat empat hari yang menentukan bagi sebagian besar pelajar Ssekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) di seluruh Indonesia. Mengapa, pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) walau bukan satu-satunya syarat penentuan kelulusan, namun kegiatan ini penting untuk dilaksanakan.

Persiapannya pun berbulan-bulan, bahkan 2,5 tahun sebelumnya. Disemester lima, pelajar ini juga tuntut mendapat jam belajar tambahan dengan empat mata pelajaran. Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Mata Pelajaran Pilihan.

Ada sekolah yang menerapkan dua sesi ujian, adapula yang tiga sesi ujian. Sesi pertama pukul 07.30-09.30, sesi kedua 11.30-12.30, dan sesi ketiga 14.00-16.00.

Melelahkan?, iya begitu melelahkan. Bukan hanya peserta ujian yang merasa lelah, orang tuapun dag-dig-dug dengan kegiatan putra-putrinya.

Tapi ingat, dibalik itu semua ada pelajaran penting yang secara tidak langsung bisa kita pelajari.

Pertama, kita diminta tetap fokus dengan kepanikan yang ada, biasanya membuat gagal fokus di hari pertama.

Kedua, dengan mata pelajaran Matematika, terdapat kesulitan yang luar biasa hebat, hingga dibuat admin instragram @kemdikbud.ri menarik untuk disimak komentarnya.

Dihari ketiga, diminta untuk memaknai dan mengerti diri sendiri. Mata Pelajaran Bahasa Inggris, adalah bagian dari kesiapan kita menyongsong Era Revolusi Industri 4.0, dan sebuah kewajiban nampaknya.

Dan dihari terakhir, Allah meminta kita semua agar mengambil hikmah atas segala aktifitas yang telah kita laksanakan. Berprasangka baiklah pada diri atas segala kemampuannya, dan Allah bersama kita.

Selamat dan sukses buat anak-anakku di seluruh pelosok Indonesia, khususnya di SMA Muhammadiyah 1 Taman.

Jalanmu masih panjang, berbaktilah kepada orang tua, guru dan siapapun yang ada disekitarmu. Kalian akan menjadi pemimpin orang tua dan gurumu dalam kurun waktu sepuluh hingga dua puluh tahun kedepan. emil