Bagaimana Langkah untuk SBMPTN

0
10

Gagal SNMPTN atau PMDKPN bukan akhir segalanya bagi pelajar kelas XII SMA Muhammadiyah 1 Taman. Masih ada kesempatan bagi siswa untuk masuk PTN melalui jalur SBMPTN dan jalur ujian mandiri. Untuk bisa mendaftar SBMPTN siswa harus memiliki nilai UTBK. Tes Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK merupakan syarat utama bagi siswa kelas XII SMA untuk bisa mendaftar SBMPTN 2019. Tes UTBK terdiri dari dua jenis yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).

Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN akan diumumkan paling lambat 10 hari setelah pelaksanaan UTBK. Pengumuman hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN 2019 Gelombang I akan diinformasikan oleh LTMPT pada Selasa besok (23/4/2019). Sedangkan tes UTBK Gelombang Kedua bakal digelar mulai 11 Mei hingga 26 Mei 2019.

Usai pengumuman hasil UTBK siswa bisa melakukan pendaftaran SBMPTN. Pendaftaran SBMPTN sendiri akan dibuka dari tanggal 10-24 Juni 2019. Hasil pengumuman SBMPTN 2019 akan diumumkan pada 9 Juli 2019. Untuk jalur mandiri bisa dicoba siswa apabila tidak diterima jalur SBMPTN. Pendaftaran jalur mandiri dibuka setelah SBMPTN selesai dilaksanakan

Selain pendaftaran PTN, pendaftaran sekolah kedinasan juga telah dibuka. Sekolah kedinasan atau sekdin dibuka sejak 9 April hingga 30 April 2019. Pendaftaran dilakukan di portal SSCASN sscasn.bkn.go.id. . Badan Kepegawaian Negara (BKN) terus menyampaikan informasi terkini seputar proses yang tengah berjalan melalui website tersebut. Syarat utama mendaftar adalah siswa harus sudah berusia 17 Tahun yang dibuktikan dengan kepemilikan E-KTP karena NIK pada E KTP digunakan sebagai syarat utama untuk bisa mengakses situs BKN .

Selain itu Syrata lainnya adalah siswa memiliki nilai raport minimal 7.00. Nilai tersebut merupakan nilai pengetahuan gabungan dari semester 1-5. Sekolah kedinasan ini merupakan kesempatan yang baik untuk generasi milenial bisa mengabdi kepada negara. Penerimaan siswa di sekolah kedinasan merupakan salah satu jalur seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Terdapat 19 pendidikan tinggi kedinasan di delapan kementerian/lembaga (K/L) yang membuka seleksi. Delapan K/L yang membuka penerimaan antara lain:
1. Kementerian Keuangan (PKN STAN) 3.000 formasi,
2. Kementerian Dalam Negeri (IPDN) sebanyak 1.700 formasi,
3. Badan Siber dan Sandi Negara (STSN) 100 formasi.
4. Kementerian Hukum dan HAM (Poltekip dan Poltekim) 600 formasi
5. Badan Intelijen Negara (STIN) 250 formasi
6. Badan Pusat Statistik (Politeknik Statistika STIS) 600 formasi.
7. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) 250 formasi, dan
8. Kementerian Perhubungan dengan 11 sekolah tinggi, poltek, dan akademi yang membuka 2.676 formasi. wahyu murti