Begini Ikebana yang Benar

0
15

 

Kamis, 25 April 2019 bertempat diaula SMA Muhammadiyah 1 Taman, ratusan siswa sedang belajar merangkai bunga atau Ikebana. Ikebana merupakan seni merangkai bunga yang berasal dari Jepang yang memanfaatkan berbagai jenis bunga, rumput-rumputan dan tanaman dengan tujuan untuk dinikmati keindahannya. Para pelajar ini dibimbing langsung oleh Mikiko Shimizu yang tak lain adalah ahli Ikebana

Berbekal bunga krisan, gunting serta vas bunga, siswa nampak antusias merangkai bunga. Tidak hanya siswa perempuan, siswa laki laki juga ikut belajar merangkai bunga.
Nabil Faiz, pelajar kelas X IPS 2 berkesempatan belajar bersama Sensei Mikiko Shimizu.

“Semula saya bingung apa yang harus saya lakukan karena hanya mendapat tangkai dan daunnya saja, bunga krisannya pun hanya satu itupun kecil karena kehabisan berebut dengan teman teman lain” ujar Nabil.

“Namun setelahnya , Sensei Mikiko membantu saya merangkai bunga ini dan hasilnya sungguh sangat cantik ” tambahnya.

Memang, merangkai bunga bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Butuh ketrampilan khusus agar bunga yang dirangkai menjadi indah dan bernilai seni. Merangkai bunga yang cantik berawal dari pemilihan bunga dan tangkai yang segar. Tangkai harus dibersihkan secara benar agar tetap bersih dan segar. Selain itu, harus tau jenis jenis bunga, sifatnya dan menjaganya agar tetap segar.