PDM Kudus Studi Banding Ke PCM Sepanjang

0
16

SMAMITA – Rombongan dari Pimpinan Daerah Muhamamdiyah (PDM) Kudus, Jawa Tengah melakukan kunjungan ke Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sepanjang, Sabtu (4 Mei 2019). Kunjungan ini dalam rangka studi banding ke sekolah milik amal usaha PCM Sepanjang. Rombongan ini terdiri dari Majelis Pendidikan Kader dan Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kudus dan beberapa Kepala Sekolah Muhammadiyah di Kudus Jawa tengah

Rombongan tiba di Kantor PCM Sepanjang sekitar jam 08.00 melalui perjalanan darat kemudian dilanjutkan mengunjungi beberapa sekolah seperti SD Muhammadiyah 1-2 Taman, MTS Muhammadiyah 1 Taman dan SMA Muhammadiyah 1 Taman

Usai mengunjungi SD Muhammadiyah 1-2 Taman, rombongan langsung menuju meeting room SMA Muhammadiyah 1 Taman dan beramah tamah dengan Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Taman, Drs Zainal Arif.

Foto: Majelis dan Lembaga PDM Kudus menerima pemaparan dari Zainal Arif, Kasek Smamita.

Dalam kesempatan yang sama pula, mereka berdiskusi perihal upaya menjadikan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) pendidikan di Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kudus yang berkualitas. Bukan sekadar unggul dari kuantitas, tetapi unggul dari segi kualitas pelayanan pendidikan yang baik seperti di PCM Sepanjang.

Kepala SD Muhammadiyah Birul Walidain Kudus, Jamaludin Kamal melontarkan pertanyaan kepada kepala Sekolah.

”Bagaimana SMA Muhammadiyah 1 taman menghadapai SMK/SMA lain sebagai kompetitor?“ tanyanya.

Drs Zainal Arif menjawab dan menjelaskan bagaimana SMA Muhamamdiyah 1 Taman menghadapi hal tersebut.

“Sekolah harus punya ciri tersendiri disbanding sekolah lain”. Ujar Arif
“Kami juga memetakan keuangan wali murid untuk bisa melihat segmentasi pasar dari SMA Muhammadiyah 1 Taman ini untuk eksistensi sekolah ” Tambahnya.

Kegiatan ini merupakan sebuah strategi dalam rangka memajukan PDM di Kabupaten Kudus Jawa Tengah yang pada akhirnya akan ditularkan ke setiap ranting dan amal usaha bawahannya.

Saat para pimpinan cabang dan kepala sekolah bisa melihat langsung perkembangan dunia peryarikatan dilain Daerah yang setiap harinya terus menggeliat dengan amal usahanya masing-masing, maka PDM tinggal mendorong dan memotivasi serta memonitor perkembangannya karena ilmunya sudah mereka dapatkan langsung dengan melihat, membandingkan perkembangan amal usaha di PCM Sepanjang.

Berikut anggota rombongan PDM Kudus yang melakukan study banding ke PCM Sepanjang
1. Muslimin, Ketua LPCR PDM Kudus
2. Saiful Umam, Kepala MI Muhammadiyah 1 Kudus
3. Alfis Safaruddin, Ketua MPK PDM Kudus
4. Wakhid Ansori, Kepala MI Mujaku
5. Nurdin Rahmawan, Anggota LPCR PDM Kudus
6. Noor Chandig K, Seksi MPK PDM Kudus
7. Salim, Kepala SMK Muhammadiyah Ponpes Kudus
8. S. Budiarso, Kepala SD Muhammadiyah 1 Kudus
9. Jamaludin Kamal, Kepala SD Muhammadiyah BW Kudus
10. Subala, Anggota LPCR PDM Kudus